Aprindo Sebut Pembelian Produk Elektronik di Toko Online Meningkat

Rizky Alika
13 November 2019, 08:53
Aktivitas perdagangan di pertokoan Glodok. Aprindo menyatakan ada kenaikan penjualan produk elektronik di di gerai online.
ANTARA FOTO/Faumada Hidayatullah
Aktivitas perdagangan di pertokoan Glodok. Aprindo menyatakan ada kenaikan penjualan produk elektronik di di gerai online.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut ada pergeseran transaksi pembelian produk elektronik di toko online. Menurutnya, kenaikan tersebut disebabkan oleh adanya kemudahan pembelian.

"Produk elektronik salah satu yang tinggi dibelanjakan secara online, karena produk elektronik itu standar pilihannya. Tidak seperti beli makanan yang harus lihat langsung," kata Ketua Umum Aprindo Roy Mandey di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (12/11).

Advertisement

Dengan maraknya perkembangan e-commerce serta kemudahan transaksi online, ia berharap pedagang elektronik, seperti pedagang yang berada di Glodok, dapat melengkapi jaringan penjualannya ke platfom online. Sebab, sebagian pedagang elektronik belum merambah jaringan tersebut.

(Baca: Gandeng Aprindo, Bulog Rambah Penjualan Beras Medium ke Retail Modern)

Kendati e-commerce tengah berkembang, Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta menilai hal tersebut tidak serta merta membuat toko konvensional kehilangan peminat. "Toko offline tetap jalan," ujar dia.

Menurutnya, konsumen berbondong-bondong belanja online hanya pada saat tertentu, seperti pada hari belanja online nasional (harbolnas) atau promo cashback. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement