Transaksi Shopee & Lazada Melonjak Drastis Pada Pesta Diskon 11.11

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Happy Fajrian

13/11/2019, 16.48 WIB

Transaksi di Lazada naik dua kali lipat sedangkan Shoppee naik hingga tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

diskon 11.11, lazada, shoppee, dana, gopay,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi aktivitas belanja online. Transaksi di Lazada dan Shoppee melonjak hingga tiga kali lipat pada pesta diskon 11.11.

Perusahaan e-commerce Shopee dan Lazada Indonesia mencatatkan kenaikan penjualan hingga tiga kali lipat pada gelaran pesta diskon 11.11 tahun ini.

Corporate communications PR Manager Lazada Andri Parulian Sinaga mengungkapkan, Lazada berhasil mencapai angka pertumbuhan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya untuk jumlah pesanan, jumlah penjual, dan juga jumlah pembeli dalam satu hari.

"Beberapa produk yang laris terjual saat pesta diskon 11.11 diantaranya fesyen wanita, sepatu lelaki, produk kecantikan dan juga produk ibu dan anak. Sementara itu produk yang paling banyak terjual adalah popok bayi Mamypoko, smartphone Redmi Note 8 dan lotion tubuh Vaseline lotion healthy white UV Lightening," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (13/11).

Festival belanja itu begitu dinantikan oleh masyarakat Indonesia itu dibuktikan dengan hasil yang memuaskan. "Terbukti  dengan hasil kinerja spektakuler yang berhasil dicatat oleh Lazada Indonesia di setiap area, menandingi hasil kinerja di tahun sebelumnya," tulisnya.

(Baca: Pesta Diskon 11.11, Alibaba Cetak Rekor Penjualan Tembus Rp 538 T)

Prestasi yang sama juga ditorehkan Shopee. Pada saat pesta diskon 11.11 Shopee membukukan penjualan hingga 70 juta produk  di tujuh negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Bahkan, penjualan selama satu jam pertama pada 11 November naik tiga kali lipat dibanding periode sama tahun lalu. “Terus tunggu keseruan dari inovasi-inovasi kami pada  kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale mendatang,” kata CEO Shopee Chris Feng dalam siaran pers, Selasa (11/11).

Perusahaan mencatat, pengguna laki-laki paling banyak membeli produk kategori Mobile & Accessories selama pesta diskon 11.11. Merek yang paling populer yakni Unilever, Maybelline, Realme, Xiaomi, Elzatta, dan Terry Palmer. 

Kategori yang paling banyak dipilih selama festival belanja ini yakni Beauty, Home & Living, Women Clothes, Mobile & Accessories, dan fesyen muslim. Sedangkan produk terlaris yaitu Nestum Choco Polybag, Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Realme 3, dan pasta gigi Pepsodent.

(Baca: Shopee: 70 Juta Produk Terjual Saat Pesta Diskon 11.11 di Tujuh Negara)

Selain itu, GoPay dan Dana juga tak mau ketinggalan memberikan bonus dan promosi pada pesta diskon 11.11. Promosi yang ditawarkan beragam seperti potongan harga hingga 99% ataupun gratis ongkos kirim. Promo itu dilakukan pada periode 7 - 11 November 2019.

GoPay memberikan promosi uang kembali (cashback) 50%. GoPay telah merangkul 420 ribu mitra per Oktober 2019. Dari jumlah tersebut 380 ribu di antaranya merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sementara, DANA memberikan voucher seharga Rp 11 yang berlaku pada periode 8 - 11 November 2019. Tiga voucher yang disediakan dapat ditukar makanan, minuman, produk digital atau tiket nonton melalui TixID. 

“Ini kami gelar untuk mempertegas kehadiran serta kapabilitas DANA sebagai infrastruktur pembayaran digital berteknologi terdepan,” kata CEO DANA Vincent Iswara dalam siaran pers, Senin (4/11).

(Baca: Serba-Serbi 11.11 dan Isu Keamanan Siber Saat Pesta Diskon)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan