iPhone 12 Siap Meluncur Tahun Depan, Desain Mini dengan Sudut Tajam

Penulis: Pingit Aria

14/11/2019, 18.03 WIB

Apple dikabarkan akan mengadopsi desain iPhone 5 untuk ponsel terbarunya.

Apple iPhone Xs Max Silver dengan latar belakang putih, tampilan belakang.
123RF.com
Apple iPhone Xs Max Silver dengan latar belakang putih, tampilan belakang.

Apple dikabarkan akan merilis iPhone 12 tahun depan dengan layar yang lebih kecil. Ponsel anyar ini tampaknya akan mengadopsi model iPhone 5 dengan pinggiran bersudut tajam. Desain ini kontras dengan desain iPhone 6 dan berikutnya yang bagian sampingnya dirancang melengkung.

Rencana Apple merilis iPhone 12 juga sedikit di luar kebiasaan. Sebab, perusahaan berlogo apel itu biasanya akan mengeluarkan seri "s" setelah mengeluarkan seri angka terbaru.

September lalu Apple baru saja meluncurkan iPhone 11. Sesuai tradisi, mestinya tahun depan Apple meluncurkan iPhone 11s dengan sedikit perbaikan dari seri sebelumnya. Namun, alih-alih mengeluarkan iPhone 11s, perusahaan itu diprediksi mengeluarkan iPhone 12.

iPhone 12 kabarnya akan terdiri dari varian 12 Pro, dan 12 pro Max. Berikut sejumlah informasi seputar iPhone 12:

Ukuran lebih kecil

Analis yang kerap membocorkan rumor tentang produk Apple, Ming Chi Kuo, mengatakan iPhone akan kembali ke ukuran yang lebih kecil. Jika iPhone 11 Pro memiliki layar 5,8 inci, iPhone 12 disebut berukuran 5,4 inci.

(Baca: YouTube Music Diliris, Saingan Baru Apple Music dan Spotify)

Dilansir dari BGR, perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini mengkaji kembali model lama karena berbagai pihak menilai iPhone 4 dan 5 merupakan desain terbaik yang pernah dibuat oleh Apple.

Selain itu, Menurut Forbes, Apple mengadopsi desain lama untuk mengakali ruang internal pada ponsel. Sebab, semakin melengkung, maka akan semakin tidak efisien pula ruang untuk jeroan ponsel.

Mendukung 5G

Walau belum tersedia dan digunakan banyak orang, Apple tampaknya mempertimbangkan untuk membuat ponsel yang mendukung 5G. Apalagi, beberapa ponsel premium seperti Samsung Galaxy S10 telah memiliki varian yang mendukung 5G.

Layar 120 Hz

Meski berukuran lebih kecil, Apple memastikan penggunanya mendapat pengalaman terbaik dengan layar yang lebih tajam. Peningkatan kecepatan refresh rate layar hingga 120 Hz akan membuat iPhone 12 nyaman untuk dipakai bermain gim.

(Baca: Pendapatan Huawei Tembus Rp 1.220 Triliun pada Kuartal III 2019)

Kamera ToF

Setelah membekali iPhone 11 Pro dengan tiga kamera belakang, Apple dikabarkan akan menambahnya menjadi empat pada iPhone 12 dengan membenamkan teknologi time-of-flight (ToF).

Sensor ini bekerja menggunakan sinar inframerah yang dapat menentukan fokus objek yang akan di foto. Selain memberikan efek bokeh yang lebih dramatis, ToF juga dapat membantu pemetaan Augmented Reality (AR).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan