Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Masuk 100 Tokoh Masa Depan versi TIME

Hari Widowati
15 November 2019, 11:01
Nadiem Makarim, TIME 100 Next 2019, tokoh berprestasi, pemimpin masa depan versi TIME, Gojek
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Mantan CEO Go-Jek ini masuk daftar TIME 100 Next 2019 yang dirilis Majalah TIME.

Pendiri Gojek, Nadiem Makarim, masuk dalam daftar TIME 100 Next 2019 yang merupakan daftar tokoh-tokoh yang dinilai berpengaruh menentukan masa depan dunia. Nadiem menjadi satu-satunya tokoh dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Dalam laporan yang dimuat di situs TIME, Nadiem yang saat ini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berada di posisi yang tepat untuk membentuk para pemimpin masa depan di Indonesia. "Makarim akan membawa semangat anak muda dan kewirausahaan di kabinet," kata Deputi Direktur Center for Strategic and International Studies (CSIS) Brian Harding, seperti dikutip TIME.

Majalah TIME menempatkan seratus tokoh muda tersebut dalam lima kategori, yakni artists (seniman), advocates (aktivis), leaders (pemimpin), phenoms (fenomenal), dan innovators (inovator). Nadiem masuk dalam kategori pemimpin dalam daftar tersebut. Tokoh-tokoh lain yang masuk di kategori pemimpin, antara lain Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada, Wali Kota Iowa (AS) Pete Buttigieg, Politisi Partai Republik AS Elise Stefanik, Dubes Afghanistan untuk AS Roya Rahmani, dan Pemimpin Demonstrasi Hong Kong Edward Leung.

(Baca: Luhut: Nadiem Usia 35 Tahun Menteri, Saya Dulu Bawa Ransel di Timtim)

Tak Lagi Dikuasai Jajaran Tokoh Konvensional

TIME mempublikasikan TIME 100 Next sejak 2004. Semula, daftar tersebut didominasi oleh individu yang menembus struktur kekuasaan tradisional, seperti kepala negara, pemimpin perusahaan-perusahaan publik, aktor dari film-film terlaris (blockbusters), dan pemimpin yayasan global. Dalam daftar terbaru ini, TIME menyatakan ada banyak tokoh yang terpilih tanpa harus memiliki embel-embel tersebut.

"Daftar ini merupakan bagian dari ekspansi TIME 100 yang menyoroti 100 tokoh yang tengah bersinar dan membentuk dunia usaha, hiburan, olahraga, politik, ilmu pengetahuan, kesehatan, dan banyak lagi," tulis TIME.

Tokoh termuda yang masuk di dalam daftar ini adalah Alysa Liu, atlit figure-skating berusia 14 tahun. Belum lama ini Liu menerima penghargaan sebagai perempuan pertama yang berhasil melakukan empat putaran Lutz. Tokoh tertua dalam daftar ini adalah Ayman Odeh, politisi Israel berusia 44 tahun yang muncul sebagai 'kingmaker' dalam percaturan politik di negaranya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...