Bill Gates, Orang Terkaya Dunia Yang Rajin Berderma

Penulis: Pingit Aria

18/11/2019, 17.53 WIB

BiIl Gates merupakan penghuni tetap daftar orang terkaya dunia sejak 1995 berkat Microsoft.

Bill Gates, Pemilik Microsoft
Arief Kamaludin|KATADATA
Bill Gates, Pemilik Microsoft

Bill Gates memuncaki daftar orang terkaya dunia terbaru yang dirilis oleh Bloomberg Billionaires Index dua hari lalu. Ia mengalahkan Jeff Bezos yang berada di peringkat kedua dan Bernard Arnault di peringkat ketiga.

Bloomberg Billionaires Index pertama kali dirilis tujuh tahun lalu, dan sejak itu BiIl Gates selalu masuk peringkat tiga besar. Begitu pula di daftar orang terkaya versi Forbes, pendiri Microsoft ini merupakan penghuni tetapnya sejak 1995, tiga tahun sebelum kelahiran Google.

Ya, Microsoft dengan Windows-nya memang lebih dulu hadir di komputer-komputer sebelum era internet. Google yang belakangan membawa Larry Page dan Sergey Brin menjadi miliuner baru lahir pada 1998.

(Baca: Jezz Bezos Kehilangan Rp 48 Triliun Akibat Perang Mata Uang)

Amazon milik Jeff Bezos memang berdiri sejak 1994. Namun, sebelum menjadi raksasa retail dan komputasi awan seperti sekarang, Amazon merupakan toko buku online. Sedangkan Mark Zuckerberg yang kini menjadi orang terkaya kelima dunia baru mendirikan Facebook sebagai jejaring sosial kampus pada 2004.

Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955. Ayahnya, William Henry Gates II merupakan seorang pengacara di Seattle, sedangkan ibunya Mary Maxwell Gates merupakan dosen di University of Washington. Bill Gates memiliki dua saudara perempuan, yakni Kristanne, dan Libby.

Sejak kecil Bill telah menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer. Saat berusia 13 tahun, ia mulai membuat program komputer pertamanya di Lakeside School. Di sekolah itu pula ia bertemu Paul Allen, sosok yang kemudian merintis Microsoft bersamanya.

Pada 1973 Bill lulus dari Lakeside School dengan nilai yang memuaskan. Ia pun diterima di Harvard College. Selama kuliah Bill selalu menghabiskan waktu dengan komputer kampusnya. Saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Bill dan Paul Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk memulai usaha perangkat lunak sendiri.

(Baca: Geser Bill Gates, Ini Profil Bernard Arnault Orang Terkaya Ke-2 Dunia)

Bill Gates kemudian memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah dan fokus membangun Microsoft bersama Paul Allen. Awalnya Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800.

Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Hingga saat ini Microsoft masih menjadi pelopor sistem operasi komputer di dunia.

Pada tahun 2000 Bill dan Istrinya Melinda membangun yayasan amal bernama Bill and Melinda Gates Foundation. Pada 2010, Bill dan Melinda berkomitmen untuk mengucurkan dana riset sebesar US$ 10 miliar dalam 10 tahun untuk vaksinasi di negara-negara termiskin di dunia. Pada 2013, yayasan ini juga mendonorkan US$ 5,5 miliar untuk memberantas polio hingga 2018. Bill dan Melinda pun banyak menerima penghargaan atas kegiatan filantropi mereka.

(Baca: Yayasan Bill Gates dan Allianz Investasi di Startup Kesehatan, Halodoc)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan