Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok di Depan Mata, Harga Emas Dunia Turun

Happy Fajrian
18 November 2019, 10:07
harga emas dunia, harga logam mulia antam, harga emas antam, perang dagang, kesepakatan dagang
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi emas batangan PT Aneka Tambang. Harga emas dunia terus tertekan seiring dengan optimisme kesepakatan dagang yang meningkatkan selera investor terhadap aset-aset berisiko seperti saham.

Harga emas dunia mengalami penurunan pada perdagangan Senin (18/11) pagi seiring dengan sikap pelaku pasar yang merespon sikap bank sentral Amerika Serikat (AS) yang akan menahan suku bunganya hingga akhir tahun ini serta kesepakatan dagang dengan Tiongkok yang semakin di depan mata.

Menurut data Bloomberg, ketika berita ini ditulis harga emas di pasar Comex turun 0,20% ke level US$ 1.465,50 dibandingkan posisi penutupan Jumat di level US$ 1.468,50 per troy ons. Sedangkan harga emas di pasar spot turun 0,16% dari US$ 1.468,01 menjadi US$ 1.465,93 per troy ons.

Sepanjang November 2019 harga emas dunia berada dalam tren menurun setelah sempat menyentuh level psikologis di US$ 1.514,80 pada akhir Oktober di baik pasar berjangka maupun di pasar spot. Terus turunnya harga emas sejalan dengan tercapainya kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok.

Meski belum diketahui kapan kedua negara akan menandatangani perjanjian dagang tersebut, pelaku pasar telah merespon positif perkembangan yang terjadi. Alhasil, investor kembali memburu aset-aset berisiko seperti saham yang membuat permintaan terhadap emas turun.

(Baca: Jelang Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Menjadi Rp 748 Ribu per Gram)

Hal tersebut dapat dilihat dari bursa saham dunia yang terus mengalami peningkatan selama sebulan terakhir. Dari bursa AS, tiga indeks utamanya naik cukup signifikan yakni Dow Jones naik 3,86%, Nasdaq naik 5,05%, dan S&P 500 naik 4,24%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...