Google Makin Canggih, Ada Inovasi Terbaru dari Maps hingga Search

Cindy Mutia Annur
21 November 2019, 10:06
Google, makin canggih, inovasi terbaru
KATADATA/HARI WIDOWATI
Para pejabat Google Indonesia. Google meluncurkan inovasi dari berbagai fitur.

Google meluncurkan inovasi terbaru untuk mengoptimalkan layanan bagi pengguna. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini merilis beberapa fitur terbaru di empat layanannya yakni Google Maps, Asisstant, Search, hingga Shopping. Berikut ringkasannya:

Google Maps

Engineering Director Google Maps Chandu Thota mengatakan, ada jutaan masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan Maps perusahaan tiap harinya. Tak hanya untuk membantu mereka saat berpergian, Google Maps juga membantu mereka mencari tempat makan hingga mencari toko terdekat.

"Oleh karena itu, kami ingin meningkatkan kualitas peta kami bagi pengguna Maps," kata Chandu dalam konferensi #Google4ID di Jakarta, Rabu (20/11).

(Baca: Gandeng Citi, Google Dikabarkan Siap Masuk Bisnis Keuangan)

Ia melanjutkan, saat ini perusahaan tengah melakukan uji coba (piloting project) fitur Local Guide. Lewat fitur ini, memungkinkan pengguna Maps mengikuti (following) profil local guide tertentu untuk mendapatkan rekomendasi tempat-tempat yang dapat dikunjungi.

Chanfdu mengatakan, fitur ini masih diuji coba di beberapa kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta. Dengan fitur ini, menurutnya, pengguna dapat menambahkan ulasan dan foto mulai dari tempat kuliner, toko, hingga tempat wisata rekomendasi.

Selanjutnya, Maps juga memiliki fitur 'Stay Safer'. Fitur ini guna memonitor perjalanan pengguna lain dengan cara membagikan lokasi mereka secara 'real time', serta memastikan bahwa rute perjalanan mereka aman. "Misalnya, pengguna akan mendapat peringatan dari Google jika pengemudi melenceng dari rute sejauh lebih dari 0,5 kilometer," katanya.

Google Assistant

Google Assistant Program & NBU Lead Nimesh Ranjan mengatakan, layanan Assistant kini semakin mudah diakses oleh pengguna. Bahkan, layanan ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi di platform lain seperti mengecek saldo lewat Mobile-banking BCA hingga memesan makanan lewat layanan Go-Food di Gojek.

"Pesan martabak dari Gojek. Lalu perintah ini bakal langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat dan Anda bisa langsung melacak pesenanannya juga," kata Nimesh.

(Baca: Gojek Siapkan 7 Strategi, Pesanan di GoFood Tembus 50 Juta per Bulan)

Tak hanya itu, Nimesh mengatakan, Google Assistant kini juga dapat menangani permasalahan data dan privasi pengguna di ponselnya. Ia mencontohkan, pengguna dapat menghapus aktivitas di ponsel selama seminggu hingga sebulan yang lalu.

"OK Google, hapus hal terakhir yang saya katakan minggu lalu," ujarnya. Dalam beberapa saat kemudian, layanan itu pun bekerja dan menghapus data-data yang diperintahkan Nimesh.

Selain itu, menurutnya, Google Assistant juga tengah melakukan piloting project melalui Phone Line Indosat Oooredoo. Nantinya, pengguna bisa menggunakan layanan Assistant melalui telepon bebas pulsa tanpa koneksi internet hanya dengan menelepon nomor 696.

Proyek ini telah dilakukan di wilayah Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang. "Penelepon yang paling aktif menanyakan hingga 50 pertanyaan tiap hari untuk mencari informasi, seperti skor pertandingan sepakbola, mendengarkan berita, menanyakan soal cuaca, dan sebagainya," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...