Billy Mambrasar, Putra Papua Pendiri Kitong Bisa Jadi Stafsus Jokowi

Hari Widowati
22 November 2019, 08:20
Billy Mambrasar, profil Billy Mambrasar, Kitong Bisa, Jokowi, staf khusus Jokowi, staf khusus milenial, putra Papua jadi staf khusus Jokowi
Linkedin/Billy Mambrasar
Billy Mambrasar (kanan) berfoto dengan Muhammad Yunus (kiri), pendiri Grameen Bank di Bangladesh. Billy Mambrasar adalah putra Papua yang terpilih menjadi staf khusus Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan tujuh nama staf khusus presiden yang berasal dari kalangan milenial. Ia berharap mereka dapat memberi angin segar dalam pemerintahannya di periode kedua ini.

Salah satu dari ketujuh staf khusus itu adalah Gracia Billy Mambrasar. "Billy adalah talenta hebat tanah Papua yang kita harapkan berkontribusi dengan gagasan-gagasan inovatif dalam membangun tanah Papua," kata Jokowi ketika memperkenalkan ketujuh staf khususnya kepada media, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11).

Putra Papua ini lahir di Yapen, Papua 31 tahun yang lalu. Billy dibesarkan di tengah keluarga yang pas-pasan. Ayahnya seorang guru sedangkan ibunya berjualan kue. Billy pun sering membantu ibunya berjualan kue.

Meski tinggal di daerah pelosok yang belum dialiri listrik, semangat belajar Billy sangat tinggi. Tak heran jika ia tercatat sebagai siswa yang berprestasi. Setelah lulus dari SMA Jayapura, ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Setelah lulus dari ITB, Billy melanjutkan pendidikan pascasarjana di program Master of Business Administration di The Australian National University (ANU). Ia mengambil spesialisasi di bidang manajemen proyek. Ketika lulus, ia meraih penghargaan Vice Chancellor Special Commendation Award 2015.

Sekolah seolah menjadi candu bagi Billy. Ia mengambil program Master of Science di Said Business School, Oxford University, Inggris. "Orang tua saya kan cuma pekerja lepas dan ibu saya jual kue di pasar. Siapa yang sangka akhirnya bisa bersekolah di salah satu sekolah bergengsi," kata Billy dalam wawancara dengan BBC.com. Saat ini Billy tengah bersiap untuk melanjutkan pendidikan S3 di Harvard University, AS.

(Baca: Putri Tanjung, Staf Khusus Jokowi yang Berbisnis Sejak Usia 15 Tahun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...