Pahala Mansury, dari Mandiri, Garuda, Pertamina, Kini Jadi Dirut BTN

Pingit Aria
22 November 2019, 18:56
Pahala Mansury, BTN, profil Pahala Mansury, dirut BTN, mantan dirut Garuda Indonesia, direktur keuangan Pertamina, Bank Mandiri, Erick Thohir
ANTARA FOTO/Fajrin Raharjo
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut Pahala Mansury akan menjabat sebagai direktur utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Pahala sebelumnya pernah menjadi direktur keuangan Bank Mandiri, direktur utama Garuda Indonesia, dan direktur keuangan PT Pertamina (Persero).

Presiden Joko Wododo (Jokowi) telah memutuskan Pahala Mansury sebagai Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Sedangkan, mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Chandra Hamzah bakal menempati jabatan Komisaris Utama BTN.

Pahala saat ini masih menjabat Direktur Keuangan PT Pertamina. Ia menjabat sejak terpilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Kamis, 13 September 2018.

Pria kelahiran tahun 1971 mendapatkan gelar sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Kemudian, ia melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS).

Perjalanan karier Pahala dimulai sebagai konsultan manajemen di Andersen Consulting sampai tahun 1997. Setahun berikutnya, Pahala bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York.

(Baca: Erick Thohir: Pahala Mansury jadi Dirut BTN, Chandra Hamzah jadi Komut)

Pahala kemudian bergabung dengan Booz Allen & Hamilton sebagai konsultan senior pada 1999. Pada tahun yang sama ia juga sempat bergabung dengan Boston Consulting Group dalam beberapa proyek perbankan.

Kembali ke Indonesia, Pahala bergabung dengan PT Bank Mandiri Tbk pada 2003. Di bank pelat merah ini, karir Pahala terus meningkat.

Hanya dalam tujuh tahun, pada tahun 2010, Pahala dipercaya sebagai salah satu direktur Bank Mandiri. Jabatan itu dia dapat setelah menjabat sebagai EVP Coordinator Finance & Strategy and Chief Financial Officer.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...