Konsumsi Ikan di Indonesia Baru 93,5% dari Target

Image title
24 November 2019, 13:01
konsumsi ikan di dalam negeri baru 93,5% dari target
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi, pengunjung mengamati ikan Tuna yang dipajang pada pameran 'Jatim Fish And Marine Exhibition 2019' di Surabaya, JawaTimur, Sabtu (16/11/2019).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, konsumsi ikan di dalam negeri per Oktober baru 93,5% dari target 2019. Masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 50,49 kilogram (kg) ikan per kapita dari target 54 kg.

Meski begitu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Agus Suherman optimistis target tersebut tercapai hingga akhir tahun ini. Untuk mencapai target itu, kementeriannya menggelar Festival Perikanan Nusantara di Monas, Jakarta, hari in (24/11).

Acara tersebut melibatkan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi). Ia berharap, festival ini menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan sejak dini.

Hal ini bertujuan mengatasi gizi buruk dan stunting di Indonesia. "Indonesia punya potensi perikanan luar biasa. Dengan mengonsumsi ikan, kandungan protein cukup bagus untuk gizi dan mengatasi stunting," kata Agus di Monas, Jakarta, hari ini (24/11).

(Baca: Pemerintah Target Ekspor Perikanan Capai Rp 84,5 Triliun Tahun Depan)

KKP pun menargetkan konsumsi ikan di dalam negeri mencapai 58 kg per kapita pada tahun depan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...