Nadiem Janji Bebaskan Guru Berinovasi dalam Mengajar

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2019, 11:54
Nadiem Makarim, Guru, Pendidikan
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kanan) di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Nadiem berjanji memberikan ruang bagi guru untuk berinovasi. Tujuannya, agar pengajar hingga murid dapat belajar dengan mandiri dan kreatif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim berjanji akan memberikan ruang bagi guru untuk terus berinovasi. Tujuannya, agar pengajar hingga murid dapat belajar dengan mandiri dan kreatif.

Usai peringatan Hari Guru Nasional, Nadiem mengatakan guru yang merdeka untuk berinovasi menjadi fokus pembenahan yang akan dilakukannya. Dia juga menyampaikan agar guru berperan sebagai penggerak kemajuan pendidikan.

“Itu yang akan terus kami bantu,” kata Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (25/11).

(Baca: Lima Ajakan Nadiem kepada Guru untuk Ubah Cara Mengajar di Kelas)

Nadiem mengatakan guru penggerak ini berbeda dengan pendidik biasa lantaran mereka akan mendahulukan kemajuan muridnya dengan inisiatif sendiri. Dia yakin setiap unit pendidikan di Indonesia memiliki tipe guru seperti ini.

“Guru itu akan mengambil tindakan tanpa diperintah untuk melakukan yang terbaik,” kata Nadiem.

Pendiri Gojek itu juga menjelaskan reformasi dan peningkatan kualitas pendidikan tak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Makanya ia berharap seluruh guru bisa menjadi penggerak untuk membawa sistem pendidikan ke arah lebih baik.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...