Anjungan Dukcapil Mandiri, Pencetak e-KTP hingga Kartu Keluarga

Hari Widowati
27 November 2019, 14:02
Petugas mempraktikkan proses pencetakan kartu identitas anak melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajukan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk mengembangkan mesin Anjungan Data Mand
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas mempraktikkan proses pencetakan kartu identitas anak melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Discovery Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11). Alat yang mampu mencetak 24 jenis dokumen kependudukan ini merupakan terobosan Kemendagri untuk mendigitalisasi layanan kependudukan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, ADM yang berbentuk mirip mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ini mampu mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga kartu keluarga dalam hitungan menit.

Advertisement

"Saya sudah mencoba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus," kata Tito seperti dikutip Kompas.com, di Jakarta, Senin (25/11). Menurutnya, ADM bisa mengurangi potensi terjadinya korupsi. Hal ini disebabkan hilangnya persinggungan antara petugas dengan dengan masyarakat.

Bagaimana cara kerja ADM dan apa saja keistimewaannya? Berikut ini fakta-fakta mengenai ADM yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. ADM bisa mencetak 24 dokumen kependudukan

Sekretaris Direktorat Dukcapil Kemendagri, Gede Suratha, mengatakan ADM bisa mencetak 24 jenis dokumen kependudukan, antara lain e-KTP, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian, dan berbagai dokumen kependudukan lainnya.

2. Di mana saja lokasi ADM?

Saat ini, ADM baru terpasang di Discovery Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Nantinya, ADM akan dipasang di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, mengatakan ADM akan dipasang di lokasi keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit, stasiun kereta, dan lain-lain.

"Dinas Dukcapil boleh menambah tempat pelayanan di manapun karena sudah menerapkan tanda tangan digital sehingga cetak dokumen kependudukan bisa dilakukan di mana saja," kata Zudan seperti dikutip cnbcindonesia.com. Alhasil, dokumen kependudukan bisa dilayani selama 24 jam setiap hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement