Perluas Usaha, Faspay Buka Pintu Investor Strategis Masuk

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2019, 21:17
Faspay, pembayaran elektronik, digital.
Faspay
CEO Faspay Eddy Tju (tiga dari kiri) mencari investor strategis untuk mendanai bisnis mereka. Eddy berharap investor tersebut memiliki jaringan mitra luas hingga menguasai teknologi.

Penyedia platform pembayaran elektronik yakni Faspay membuka diri bagi investor untuk mendanai bisnis mereka. Namun tak hanya modal, Faspay mensyaratkan mitra tersebut memiliki kelebihan lain dalam meningkatkan usaha payment gateway mereka.

Chief Executive Officer Faspay Eddy Tju mengatakan pemodal yang masuk harus punya nilai strategis lain. “Misal mereka punya teknologi, jaringan, atau merchant hingga luar negeri,” kata Eddy saat berkunjung ke Kantor Katadata.co.id beberapa hari lalu.

(Baca: Pendirinya WNA, Fintech Cashlez Mengeluh Sulit Kantongi Izin BI)

Berbeda dengan perusahaan rintisan alias startup, Eddy enggan mengejar valuasi demi mendapatkan pendanaan besar. Ia lebih memilih pembiayaan konvensional namun dapat menunjang kemajuan bisnis Faspay dalam jangka waktu panjang.

 “Jadi beda misi, kami kerja (dengan pendanaan) tradisional namun gaya startup,” kata dia.

Saat ini Faspay memiliki tiga produk yakni Faspay Business, Faspay Billing, dan Faspay SendMe. Faspay Business difokuskan untuk perusahaan yang memiliki tim IT yang kuat dan jumlah transaksi yang tinggi. Sementara itu Faspay Billing digunakan untuk perusahan yang tak punya IT mumpuni dan fokus pada transaksi kecil, seperti invoice.

Sedangkan Faspay SendMe berfokus pada bisnis transfer uang dari business ke consumer (B2C). Ini bisa dimanfaatkan untuk pembayaran refund (pengembalian dana) ke konsumen, menyalurkan pinjaman (disbursing loan), hingga membayar pemasok usaha (paying out supplier).

“Sederhananya bisnis kami bantu perusahaan lain terima dan kirim uang,” kata Eddy.

Dengan ketiga produk ini, bisnis Faspay berhasil tumbuh sebesar empat hingga lima persen tiap tahun dengan perputaran uang mitra sebesar 1,5 triliun per bulan. Eddy mengatakan saat ini Faspay sudah menggandeng 1600 rekanan di 20 industri berbeda.

“Kami juga melayani 23 mitra dengan 40 pilihan pembayaran,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...