Bos Lippo Mochtar Riady Sebut Teknologi Digital Bukan Hal Baru

Desy Setyowati
28 November 2019, 14:54
Pendiri sekaligus Pemilik Lippo Group Mochtar Riady mengatakan, teknologi digital bukanlah hal baru
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady memberikan paparan dalam acara Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan tema "Indonesia Digital Conference (IDC) 2019", di Ballroom Djakarta Theater Jakarta (28/11/2019).

Pendiri sekaligus Pemilik Lippo Group Mochtar Riady mengatakan, teknologi digital bukanlah hal baru. Ia juga menilai, digital bukan tahapan berikutnya dari perkembangan revolusi industri.

“Sesungguhnya digital ini sudah dimulai sejak 1946, jadi 74 tahun lalu. Ini bukan teknologi yang baru," kata Mochtar dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2019 Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Djakarta Theater Hall, Jakarta Pusat.

Advertisement

Pria berusia 91 tahun ini mengatakan, teknologi mikro elektronik ditemukan pada 1946. Teknologi itu kemudian terpecah menjadi dua yaitu digital dan analog.

Analog mendorong lahirnya sistem telekomunikasi, sementara digital merupakan awal dari ilmu komputer. Ketika keunggulan analog dan digital digabungkan, lahirlah internet.

Dengan adanya internet, komputer berkembang menjadi laptop. Begitu juga dengan telepon statis menjadi ponsel (handphone).

(Baca: Strategi Bisnis Mochtar Riady Hadapi Krisis dan Guncangan Politik)

Karena itu, menurut dia teknologi digital sudah ada sejak 74 tahun lalu. Kini, teknologinya berkembang menjadi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), nanotechnology, big data, Internet of Things (IoT) dan lainnya.

Begitu juga dengan revolusi industri 4.0 mulai mengarah ke teknologi-teknologi anyar tersebut. "Teknologi digital ini akan digantikan oleh AI, di mana semuanya serba robotik," kata Mochtar.

Ia menegaskan bahwa memahami tahapan-tahapan perkembangan teknologi sangat penting. Sebab, mereka yang tidak mengikuti perubahan akan tersingkirkan. Hal ini ia sampaikan di hadapan ratusan peserta yang mayoritas anak muda seperti mahasiswa dan pengusaha startup.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement