Inpres Sawit Berkelanjutan Diyakini akan Selesaikan Masalah Industri

Rizky Alika
28 November 2019, 21:46
kelapa sawit, sawit berkelanjutan, inpres kelapa sawit berkelanjutan, ispo, sertifikasi sawit
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit. Terbitnya Instruksi Presiden tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan diyakini akan menyelesaikan berbagai masalah di industri sawit.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB) Tahun 2019-2024. Pengusaha kelapa sawit pun optimistis permasalahan di industri sawit bisa terselesaikan.

"Tujuan dari Inpres ini bagus, baik untuk pendataan, infrastruktur, dan juga menyelesaikan berbagai permasalahan di industri sawit," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Mukti Sardjono kepada Katadata.co.id, Kamis (28/11).

Dia pun berharap para menteri yang diberikan instruksi oleh Presiden dapat segera menyiapkan rencana aksinya. Dengan demikian, tujuan Inpres tersebut dapat terlaksana yakni meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pekebun, serta menyelesaikan masalah status dan legalisasi lahan.

Penerbitan Inpres juga bertujuan untuk mendorong pemanfaatan kelapa sawit sebagai energi baru terbarukan (EBT), serta meningkatkan diplomasi sawit, dan mempercepat tercapainya perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

(Baca: Jokowi Teken Inpres Rencana Aksi Nasional Sawit Berkelanjutan)

Presiden telah mengamanatkan sejumlah menteri terkait, untuk membentuk tim nasional pelaksanaan RAN-KSB. Kemudian memperkuat data perkebunan kelapa sawit, meningkatkan akses pendanaan, peremajaan tanaman, hingga sosialisasi sertifikasi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan Indoneia (Indonesia Sustainable Palm Oil/ISPO).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...