Ekonom INDEF Dukung Rencana Menteri Erick Thohir Bersih-bersih Garuda

Image title
29 November 2019, 13:52
garuda indonesia, kementerian bumn, erick thohir
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi pesawat milik Garuda Indonesia. Ekonom INDEF Bhima Yudhistira mendukung rencana Menteri BUMN Erick Thohir untuk merombak pengurus maskapai pelat merah ini.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mendukung rencana Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan evaluasi terhadap manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

Pasalnya, seluruh petinggi maskapai pelat merah tersebut sempat terlibat dalam skandal manipulasi laporan keuangan beberapa waktu lalu. Menurut Bhima, manipulasi laporan keuangan tersebut merupakan bentuk ketidakmampuan manajemen dalam mengelola perseroan dengan baik.

"Harus ada perombakan total karena Menteri BUMN yang sebelumnya tidak punya ketegasan dalam menyelesaikan salah kelola perusahaan maupun manipulasi laporan keuangan," kata Bhima di Jakarta, Kamis (28/11).

Di sisi lain, dia menilai manipulasi laporan keuangan tersebut juga mengindikasikan bahwa kondisi maskapai pelat merah tersebut sedang tidak baik. Sehingga perlu ada wajah-wajah baru untuk memperbaiki tata kelola perusahaan Garuda.

(Baca: Sriwijaya-Garuda Pecah Kongsi, Menhub: Harga Tiket Bisa Bersaing)

"Mereka melakukan manipulasi, pasti karena kondisi mereka tidak baik-baik saja. Itu indikasinya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...