Video Streaming di 6 Negara Eropa Terbaik, Indonesia Dapat Skor Wajar

Fahmi Ahmad Burhan
29 November 2019, 11:21
Video Streaming di enam Negara Eropa Terbaik, Indonesia Termasuk Lumayan
123RF.com/georgejmclittle
Ilustrasi video streaming

Layanan video streaming menjadi tren di banyak negara, termasuk Indonesia. Riset Opensignal menunjukkan, pengalaman video streaming di enam negara Eropa merupakan yang terbaik. Sedangkan di Indonesia masuk kategori lumayan.

Perusahaan analitik mobile itu menganalisis pengalaman video streaming pada telepon seluler (handphone) di 100 negara. Ada enam negara yang masuk kategori paling baik atau excellent yaitu Norwegia, Republik Ceko, Austria, Denmark, Hongaria dan Belanda.

Dalam menentukan skor, Opensignal menganalisis dengan matriks kualitas gambar, waktu pemuatan video, dan kecepatan pemutaran. Untuk kategori excellent yaitu 75-100, very good 65-75, good 55-65, fair atau lumayan 40-55, dan poor 0-40.

Norwegia menjadi negara dengan skor paling tinggi yaitu 78,5. Disusul Republik Ceko 77,2 dan Austria 76,7. “Skor negara-negara Eropa ini hanya berjarak satu poin,” demikian dikutip dari laporan Opensignal yang dirilis November ini, dikutip Jumat (29/11).

(Baca: Mengukur Peluang Disney+ Menerobos Dominasi Netflix)

Di Asia Tenggara, hanya Singapura yang masuk kategori sangat baik (very good). Ada juga Australia, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Jepang. Lalu Myanmar, Vietnam, dan Laos masuk peringkat baik (good).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...