Penggunaan Data untuk Streaming dan Gim Diprediksi Naik Saat Ramadan

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

30/4/2019, 06.52 WIB

Trafik layanan data diperkirakan naik hingga 30% selama Ramadan hingga lebaran tahun ini.

Digital internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo dan XL Axiata memperkirakan, trafik layanan data bakal meningkat hingga 30% selama Ramadan dibanding hari biasanya. Utamanya, layanan data lebih banyak digunakan untuk streaming video maupun musik dan bermain gim online.

Division Head Acquisition M Andre Reinaldy H memperkirakan, pemakaian data selama Ramadan akan lebih banyak digunakan untuk streaming dan gim online. "Khususnya layanan YouTube dan mobile gim, konsumen akan banyak menggunakan itu," ujar dia di kantornya, Senin (29/4).

(Baca: XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran)

Hanya, Andre tidak menyebutkan secara rinci peningkatan trafik data saat Ramadan untuk streaming maupun gim online. Namun, dia menyampaikan bahwa penggunaan data untuk aplikasi percakapan selama Ramadan cenderung sama dengan hari biasanya.

Indosat Ooredoo pun memprediksi penggunaan data bisa mencapai 9,3 terabyte (TB) per hari selama Ramadan. Lalu, trafik SMS diperkirakan mencapai 125 juta SMS per hari, dan layanan suara 2,1 juta erlang per hari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas data (bandwidth) hingga 18,4 TB per hari. Lalu kapasitas layanan SMS ditingkatkan hingga 975 juta SMS per hari dan layanan suara 37 juta erlang per hari.

(Baca: Trafik Data Telkomsel dan Indosat Melonjak pada Malam Tahun Baru 2019)

XL Axiata juga memperkirakan trafik data bakal meningkat hingga 30% selama Ramadan. Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih memprediksi, kenaikan trafik data untuk layanan streaming video dan musik merupakan yang tertinggi selama Ramadan hingga lebaran pada 2019.

Menurutnya, kenaikan trafik data selama Ramadan biasa terjadi. “Berdasarkan data terakhir mengenai distribusi penggunaan data oleh pelanggan, streaming memang menjadi layanan yang paling dominan yaitu sekitar 68%," ujar Tri kepada Katadata.co.id, Jumat (26/4) lalu.

(Baca: Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran)

Penggunaan data untuk streaming paling banyak dilakukan lewat YouTube, Instagram, dan Facebook. Lalu, penggunaan data untuk bermain gim mencapai 2,5%. Sedangkan untuk aplikasi perpesanan dan media sosial masing-masing 17 dan 15%.

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan layanan data, XL Axiata pun meningkatkan kapasitas jaringan. Saat ini, jaringan 3G dan 4G LTE XL Axiata sudah menjangkau sekitar 400 kabupaten/kota di Indonesia.

(Baca: Pertumbuhan Konsumsi Data Jadi Beban Operator Telekomunikasi)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan