Dinginkan Kondisi Global, Menlu Siapkan Strategi 'Tari Poco-poco'

Rizky Alika
30 November 2019, 14:20
Tari Poco-poco, menteri luar negeri, diplomasi RI
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi hari sabtu (30/11) menyiapkan strategi tarian Poco-poco yang siap diterapkan dalam diplomasi RI menghadapi panasnya situasi global.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyiapkan strategi tarian Poco-poco yang siap diterapkan dalam diplomasi RI menghadapi panasnya situasi global. Esensi tarian dari Sulawesi Utara tersebut adalah kerja sama, kekompakan, dan tak bisa dipentaskan satu orang saja.

Oleh karena itu ia menilai kerja sama ini bisa mendinginkan panasnya kondisi dunia. Selain itu dengan saling berkoordinasi, setiap negara bisa mewujudkan perdamaian yang produktif.

Retno juga mengatakan dirinya kerap mengenalkan tarian Poco-poco ke berbagai pihak. bahkan ia pernah menari dengan personel TNI dan militer asing.

"Indonesia tak bisa melakukannya sendiri, harus bersama-sama," kata dia dalam Conference on Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (30/11).

(Baca: Hadapi Gejolak Global, BI Minta Pemerintah Gelontorkan Stimulus Fiskal)

Retno menjelaskan saat ini situasi global tengah diselimuti oleh ketidakpastian dan rivalitas. Akibatnya, seluruh potensi penurunan perekonomian global menghantui setiap negara.

Dampaknya, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia pada 2019 hanya 2,6% karena melambatnya aktivitas perdagangan. Proyeksi tersebut lebih rendah dibandingkan perkiraan pada awal tahun yaitu 2,9%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...