Pembagian Tugas 14 Staf Khusus Presiden, 5 Jadi Teman Diskusi Jokowi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Martha Ruth Thertina

2/12/2019, 20.01 WIB

Jokowi membagi staf khususnya dalam tiga gugus tugas.  

Staf khusus Presiden Joko Widodo yang baru dari kalangan milenial (kiri ke kanan) CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Founder Creativepreneur Putri In
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Staf khusus Presiden Joko Widodo yang baru dari kalangan milenial (kiri ke kanan) CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar dan Pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Presiden Jokowi telah memilih 14 staf khusus dan menyebarnya dalam tiga gugus tugas. Sebanyak lima staf khusus fokus menjadi teman diskusi Jokowi.

"Ada tiga gugus tugas yang nanti akan bekerja membantu memperlancar tugas Bapak Presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/12).

Gugus tugas pertama yakni komunikasi dengan media massa sesuai bidangnya. Gugus tugas tersebut akan diisi oleh Fadjroel Rachman (politik), Dini Shanti Purwono (hukum), Arif Budimanta (ekonomi), dan Angkie Yudistia (sosial).

(Baca: Cuitan Staf Khususnya Disorot, Jokowi: Anak Muda Salah Sedikit Wajar)

Gugus tugas kedua yakni komunikasi dengan kelompok-kelompok strategis. Di dalam gugus tugas tersebut ada Sukardi Rinakit, Diaz Hendropriyono, Aminuddin Ma'ruf, dan Anggit Nugroho.

Sedangkan staf khusus presiden yang masuk gugus tugas ketiga akan berfokus menjadi teman diskusi Jokowi. Mereka juga akan menjadi penghubung antara Jokowi dengan masyarakat.

Yang masuk dalam gugus tugas ketiga ini adalah Adamas Belva Syah Devara, Putri Indahsari Tanjung, Andi Taufan Garuda Putra, Ayu Kartika Dewi, Gracia Billy Mambrasar. "Teman-teman muda kita staf khusus millenial yang banyak berdiskusi tentang gagasan-gagasan inovatif," kata Ari.

(Baca: CEO Startup Diuntungkan dari Rangkap Jabatan Staf Khusus Jokowi)

Menurut Ari, para staf khusus Jokowi telah menerima pembagian kerja melalui gugus tugas tersebut. Meski telah mendapatkan tugas secara individu, Ari memastikan bahwa para staf khusus akan tetap bekerja secara kolaboratif.

"Kami berkolaborasi tidak hanya dalam Istana, tapi juga dengan teman-teman di luar Istana," kata dia.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan