Erick Thohir Tugaskan Len untuk Tingkatkan Industri Pertahanan

Image title
3 Desember 2019, 14:59
len industri, pertahanan, erick thohir, alutsista
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi alutsista kendaraan tempur tank AMX-13. Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Len Industri untuk memimpin tim percepatan industri pertahanan nasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk perusahaan peralatan elektronik industri pelat merah PT Len Industri (Persero) sebagai ketua tim percepatan industri pertahanan. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyetop impor alat utama sistem senjata (alutsista).

Direktur Utama Len Zakky Gamal Yasin mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat keputusan (SK) terkait penunjukkan itu. Oleh karena itu, Len mengebut penyelesaian Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang nantinya akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJMN) 2020-2024.

Advertisement

Dengan percepatan industri pertahanan diharapkan dapat meningkatkan industri lokal alat utama sistem senjata (alutsista). "Industri pertahanan adalah salah satu yang di push. Kami baru menerima SK dari Pak Menteri, kami dikejar waktu untuk menyelesaikan RJPP," kata Zakky, di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (3/12).

Untuk mendukung industri lokal di sektor pertahanan, Zakky juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan membentuk induk BUMN pertahanan. Selain Len, yang akan masuk dalam induk tersebut yakni PT Pindad.

(Baca: Wakil Menhan akan Tambah Anggaran untuk Kembangkan Industri Pertahanan)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement