Menkominfo Cari Posisi Eselon III dan IV yang Bisa Digantikan Mesin

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Ameidyo Daud

6/12/2019, 22.03 WIB

Menkominfo mengatakan pegawai terdampak bisa dialihkan pada fungsi lainnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kedua kiri), bersama Direktur Penyiaran Kemenkominfo Geryantika Kurnia (kiri), Staf khusus Menteri Philip Gobang (kedua kanan), Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu (kanan) memberikan keter
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kedua kiri). sedang menyusun proses penggantian peran pegawai eselon III dan IV Kementerian Kominfo dengan kecerdasan buatan (AI)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan sedang menyusun proses penggantian peran pegawai eselon III dan IV Kementerian Kominfo dengan kecerdasan buatan (AI). Saat ini ia sedang menggodok posisi pegawai yang bisa digantikan mesin.

Johnny memberi contoh di kementeriannya sudah tidak ada lagi pegawai yang menerima dokumen, membuat memo, hingga disposisi surat secara manual. Namun ia tak memberitahu kapan penggantian pegawai dengan AI mulai diimplementasikan 

“Kami sedang susun secara internal yang bisa beralih fungsi,” kata Johnny di Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (6/12).

(Baca: Jokowi Ingin Ganti ASN Eselon III dan IV dengan Robot dan Mesin Pintar)

Ia mengatakan permintaan Presiden Joko Widodo untuk mengganti peran eselon III dan IV dengan AI relevan dengan perkembangan digital saat ini. Pegawai yang ada bisa dialihkan pada fungsi lainnya sehingga tidak perlu ada yang khawatir terhadap rencana penggantian peran PNS dengan robot.

"Robot juga bisa membuat pekerjaan baru untuk manusia. Jadi jangan resisten terhadap perkembangan teknologi," kata Johnny.

Salah satu teknologi yang sudah digunakan pemerintah guna memangkas kerja pegawai adalah online single submission (OSS). Johnny juga menjelaskan kementerian dan lembaga perlu menyesuaikan kebutuhan pegawai masing-masing untuk menggantikan dengan AI.

(Baca: Bappenas Akan Ganti PNS Eselon III & IV Dengan Kecerdasan Buatan)

Rencana ini disampaikan Jokowi akhir November lalu. Jokowi beralasan penggunaan kecerdasan buatan ini agar birokrasi di Indonesia semakin cepat dan tidak berbelit-belit seperti saat ini. “Kami putuskan (ASN eselon III dan IV) diganti dengan AI,” kata dia.

Meski demikian, Presiden menyampaikan bahwa penggantian ASN eselon III dan IV dengan AI bergantung pada pembentukan omnibus law. Aturan tersebut rencananya bakal memangkas 70 hingga 74 Undang-undang (UU) yang ada saat ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan