Menkominfo Cari Posisi Eselon III dan IV yang Bisa Digantikan Mesin

Fahmi Ahmad Burhan
6 Desember 2019, 22:03
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kedua kiri), bersama Direktur Penyiaran Kemenkominfo Geryantika Kurnia (kiri), Staf khusus Menteri Philip Gobang (kedua kanan), Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu (kanan) memberikan keter
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kedua kiri). sedang menyusun proses penggantian peran pegawai eselon III dan IV Kementerian Kominfo dengan kecerdasan buatan (AI)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan sedang menyusun proses penggantian peran pegawai eselon III dan IV Kementerian Kominfo dengan kecerdasan buatan (AI). Saat ini ia sedang menggodok posisi pegawai yang bisa digantikan mesin.

Johnny memberi contoh di kementeriannya sudah tidak ada lagi pegawai yang menerima dokumen, membuat memo, hingga disposisi surat secara manual. Namun ia tak memberitahu kapan penggantian pegawai dengan AI mulai diimplementasikan 

“Kami sedang susun secara internal yang bisa beralih fungsi,” kata Johnny di Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (6/12).

(Baca: Jokowi Ingin Ganti ASN Eselon III dan IV dengan Robot dan Mesin Pintar)

Ia mengatakan permintaan Presiden Joko Widodo untuk mengganti peran eselon III dan IV dengan AI relevan dengan perkembangan digital saat ini. Pegawai yang ada bisa dialihkan pada fungsi lainnya sehingga tidak perlu ada yang khawatir terhadap rencana penggantian peran PNS dengan robot.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...