Misi Tim SEA Games Penuhi Target 60 Medali Emas Jokowi

Penulis: Pingit Aria Mutiara Fajrin

8/12/2019, 12.06 WIB

Saat ini Indonesia berada pada posisi kedua perolehan medali SEA Games, di bawah tim tuan rumah Filipina.

Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019).
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019).

Panen 11 emas, sembilan perak dan 10 perunggu pada Sabtu (7/12) memperkokoh peringkat Indonesia di posisi kedua peringkat perolehan medali SEA Games 2019. Hari ini, kontingen Indonesia berpeluang kembali memanen medali emas untuk mencapai target perolehan 60 medali emas pada SEA Games 2019 yang dipesankan oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya minta di SEA Games ke-30 di Filipina tahun ini kita harus masuk ke rangking 2 besar,” kata Jokowi saat melepas 841 atlet Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games Filipina, di Istana Negara, Rabu (27/11) lalu.

Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan hari ini berpotensi menyumbang medali bagi kontingen Indonesia yang saat ini.

Di klaster Luzon, peluang mendulang medali emas ada di cabang olah raga skateboard. Indonesia menempatkan atlet putra dan putri pada final nomor Park di Tagay Skate Park, Luzon.

Untuk kategori Park putri, Indonesia akan diwakili oleh Neepa Arumdapta Pramesti. Sedangkan untuk Park putra, Indonesia diwakili dua atlet yakni Jason Danis dan Pevi Permana Putera.

(Baca: Anggaran Kurang, NOC Gaet Gojek Jadi Sponsor Atlet RI di SEA Games)

Di klaster Clark, ada dua cabang olahraga yang berpotensi menuai medali, yakni atletik dan panahan. Pada cabang olahraga atletik, harapan medali emas ada pada nomor lompat jauh putri melalui Maria Natalia Londa.

Pada cabang olahraga panahan, Riau Ega dkk. diharapkan mendulang medali emas pada nomor recurve campuran beregu di New Clark City. Medali emas juga diharapkan melalui bidikan busur panah Hendra Purnama pada nomor individual recurve putra.

Di klaster Subic, tiga cabang olahraga yakni dayung, selancar dan catur berpeluang meraih medali.

Cabang olahraga dayung yang sudah menyumbang lima medali emas untuk kontingen Indonesia, diharapkan kembali berjaya pada nomor Rowing Lightweight Double Sculls putra dan Rowing pasangan putri.

Kemudian, di cabang olahraga selancar, Indonesia mengharapkan medali dari nomor Shortboard putra melalui Rio Walda dan Hairil Anwar.

Cabang olahraga catur diharapkan memecah telur untuk meraih medali emas. peluang itu ada pada nomor catur kilat putri. Indonesia mengandalkan Medina Warda Aulia dan Chelsie Olivia Sihite.

Di klaster Manila, cabang E-Sport yang baru dipertandingkan pada SEA Games, berharap sumbangan medali emas pada Muhamad Ridwan, dkk yang akan tampil pada babak final di nomor Mixed Mobile Legend: Bang Bang di Filoil Flying V Centre San Juan City.

(Baca: Beragam Turnamen Mobile Legends yang Pernah Dimenangkan Indonesia)

Klaster Manila juga menyimpan potensi perolehan medali emas dari cabang bela diri Karate dan Taekwondo.

Di cabang olahraga Karate, Indonesia berpeluang meraih medali dari nomor kumite -55 kg putri melalui Cok Istri Agung Sanistyarani serta dari kumite -60 kilogram putra melalui Rifki Ardiansyah Arrosyid.

Di cabang Taekwondo yang akan berlangsung di Rizal Memorial Sports Complex Ninoy Aquino Stadium, Shaleha Fitriana Yusuf diharapkan meraih medali emas dari kelas Light di bawah 62kg putri.

Cabang olahraga menembak juga berpotensi menambah perbendaharaan medali emas melalui Aubrey Hasendriya dan Athayya Hadika di nomor Mixed Metallic Sihouett Air Rifle.

Berikut perolehan sementara medali SEA Games 2019 hingga menjelang dimulainya pertandingan-pertandingan hari kedelapan, Minggu (8/12):

Peringkat

Negara

Emas

Perak

Perunggu

Total Medali

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

Filipina

Indonesia

Vietnam

Thailand

Singapura

Malaysia

Myanmar

Kamboja

Brunei

Laos

Timor Leste

89

51

46

41

37

36

3

2

1

0

0

68

51

50

54

30

28

11

4

5

3

0

68

63

67

62

43

42

33

18

5

13

0

225

165

163

157

110

106

47

24

11

16

0

 

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan