Misi Tim SEA Games Penuhi Target 60 Medali Emas Jokowi

Pingit Aria
8 Desember 2019, 12:06
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019).
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019).

Panen 11 emas, sembilan perak dan 10 perunggu pada Sabtu (7/12) memperkokoh peringkat Indonesia di posisi kedua peringkat perolehan medali SEA Games 2019. Hari ini, kontingen Indonesia berpeluang kembali memanen medali emas untuk mencapai target perolehan 60 medali emas pada SEA Games 2019 yang dipesankan oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya minta di SEA Games ke-30 di Filipina tahun ini kita harus masuk ke rangking 2 besar,” kata Jokowi saat melepas 841 atlet Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games Filipina, di Istana Negara, Rabu (27/11) lalu.

Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan hari ini berpotensi menyumbang medali bagi kontingen Indonesia yang saat ini.

Di klaster Luzon, peluang mendulang medali emas ada di cabang olah raga skateboard. Indonesia menempatkan atlet putra dan putri pada final nomor Park di Tagay Skate Park, Luzon.

Untuk kategori Park putri, Indonesia akan diwakili oleh Neepa Arumdapta Pramesti. Sedangkan untuk Park putra, Indonesia diwakili dua atlet yakni Jason Danis dan Pevi Permana Putera.

(Baca: Anggaran Kurang, NOC Gaet Gojek Jadi Sponsor Atlet RI di SEA Games)

Di klaster Clark, ada dua cabang olahraga yang berpotensi menuai medali, yakni atletik dan panahan. Pada cabang olahraga atletik, harapan medali emas ada pada nomor lompat jauh putri melalui Maria Natalia Londa.

Pada cabang olahraga panahan, Riau Ega dkk. diharapkan mendulang medali emas pada nomor recurve campuran beregu di New Clark City. Medali emas juga diharapkan melalui bidikan busur panah Hendra Purnama pada nomor individual recurve putra.

Di klaster Subic, tiga cabang olahraga yakni dayung, selancar dan catur berpeluang meraih medali.

Cabang olahraga dayung yang sudah menyumbang lima medali emas untuk kontingen Indonesia, diharapkan kembali berjaya pada nomor Rowing Lightweight Double Sculls putra dan Rowing pasangan putri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...