Bulog Jual Cadangan Beras Pemerintah, Ini Saran Eks Wamendag

Rizky Alika
9 Desember 2019, 14:18
Bulog, beras, bulog jual beras
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten. Mantan Wakil Mendag Bayu Krisnamurthi ingin pemerintah mengatur keuntungan dan kerugian penjualan beras cadangan Bulog.

Mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi memberi saran kepada pemerintah membuat regulasi jika Perum Bulog boleh menjual cadangan beras pemerintah (CBP). Bayu mengatakan kebijakan tersebut untuk mengelola keuntungan dan kerugian penjualan beras cadangan itu.

Pekan lalu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto telah memberi lampu hijau Bulog menjual CBP. Nantinya, Bulog akan menjadi pemain komersial di pasar beras dengan menjual beras pemerintah.

"Misal, (Bulog) beli CBP harga Rp 10.000 lalu dijual. Kalau dijual Rp 11.000, untungnya ke mana? Kalau dijual Rp 9000, siapa yang menanggung rugi ?," kata Bayu kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu.

(Baca: Masalah Bulog di Masa Buwas, dari Hilangnya Rastra hingga Mafia Beras)

Selain regulasi anggaran, Bayu juga menganggap perlu ada ketentuan distribusi dan perdagangan CBP tersebut. Dosen Fakultas Agribisnis Institut Pertanian Bogor itu juga menyarankan ada pengamanan harga di tingkat petani dan konsumen serta kejelasan alokasi anggaran beras.

"Pembebasan penjualan CBP ke pasar perlu, tetapi itu baru satu dari rangkaian kebijakan yang perlu dicermati," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...