Mahfud MD Klaim Pemerintahan Jokowi Tak Pernah Langgar HAM

Dimas Jarot Bayu
10 Desember 2019, 21:16
Hak Asasi Manusia, HAM, Mahfud MD, Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Mahfud menyebut pemerintahan Jokowi tak pernah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengklaim pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi tak pernah melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Menurut Mahfud, peristiwa yang banyak terjadi saat ini merupakan konflik antar warga.

Mahfud mengatakan konflik antar warga tak bisa dikategorikan sebagai pelanggaran HAM dalam terminologi hukum. Hal tersebut, lanjutnya, masuk dalam kasus kriminal.

“Sekarang (pelanggaran HAM) yang dilakukan pemerintah langsung kan enggak ada. (Kalau) antar rakyat banyak,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/12).

Meski demikian, Mahfud menilai pemerintah punya tugas menyelesaikan kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada masa lalu. Dia mencatat ada 12 kasus pelanggaran HAM yang terstruktur dan sistematis. “Yang ini mau diselesaikan melalui KKR (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi),” kata Mahfud. 

(Baca: Bentuk KKR, Mahfud MD Bakal Undang Keluarga Korban Pelanggaran HAM)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...