Hadapi Gugatan Uni Eropa, Jokowi: Jangan Grogi

Image title
Oleh Ekarina
12 Desember 2019, 13:42
Hadapi Gugatan Uni Eropa, Jokowi: Jangan Grogi
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden menanggapi soal maraknya aduan atau gugatan negara lain di WTO akibat kebijakan perdagangan Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat ataupun pejabat terkait di lingkungannya, untuk tidak grogi, gagap, ataupun takut saat menghadapi gugatan atau protes negara lain. Menurutnya, Indonesia harus berani menghadapi asing sepanjang untuk kepentingan nasional. 

“Untuk kepentingan nasional kita, apapun yang diprotes negara lain akan kita hadapi. Tak perlu ragu. Digugat Eropa, ya hadapi, siapkan lawyer terbaik sehingga bisa memenangkan gugatan itu," katanya saat menyampaikan sambutan dalam acara ekspor perdana Isuzu Traga 2019 di Pabrik Isuzu Karawang, Kamis (12/12).

Advertisement

Dia pun menyebut jika dalam menghadapi gugatan Indonesia keok, itu karena kurang serius menyikapi tuntutan lawan. Karenanya Jokowi meminta Indonesia  dapat menghadirkan lawyer terbaiknya. 

Jokowi menyebut, protes sebuah negara merupakan hal yang biasa dalam hidup dan bernegara.

(Baca: RI Konsultasikan Larangan Ekspor Nikel Usai Dilaporkan Eropa ke WTO)

“Digugat ya hadapi. Terpenting jangan berbelok. Baru digugat saja mundur. Kalau saya enggak. Digugat tambah semangat. Tapi ya jangan kalah,” katanya.

Pernyataan itu disampaikan terkait kondisi ekspor Indonesia terhadap komoditas tertentu yang kerap menghadapi hambatan di luar negeri. Contohnya, ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), batubara dan nikel yang diekspor dalam bentuk material.

Hal itu, menjadikan Indonesia tidak mendapatkan nilai tambah apapun dari ekspornya.

“Kalau otomotif sudah, kita akan mengarahkan ke komoditas lain supaya ekspornya dalam bentuk setengah jadi, dan syukur-syukur ekspornya barang jadi. Inilah hilirisasi, industrialisasi dari barang mentah yang dimiliki," ujar kepala negara. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement