Kurangi Penyelundupan, Luhut Dukung Edhy Prabowo Ekspor Benih Lobster

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2019, 06:48
ekspor lobster, luhut, edhy prabowo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana Mneteri KKP Edhy PRabowo mengekspor benih lobster.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membuka kembali ekspor benih lobster. Luhut memandang langkah tersebut lebih baik untuk mengurangi penyelundupan lobster.

Dia mengatakan Edhy telah melakukan kajian yang komprehensif sejak jauh-jauh hari dan yakin hasilnya mampu meningkatkan ekonomi petani lobster.

"Lebih bagus dikontrol, kan ujung-ujungnya pengawasan," kata Luhut di Jakarta, Kamis (12/12). 

(Baca: Menteri KKP Izinkan Ekspor Benih Lobster, Faisal Basri Duga Ada Mafia)

Luhut mengatakan, polemik kebijakan ekspor lobster telah berlangsung lama lantaran kurangnya pengawasan. Dia menjelaskan Edhy akan memperkuat prosesnya sehingga risiko penyelundupan dapat diminimalisir.

"Pokoknya sudah ada hitung-hitungan ilmiahnya, kami sangat percaya itu tapi implementasi dan pengawasan super penting," kata Luhut.

Luhut menjelaskan peluang hidup benih lobster kurang dari 1% sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Selain itu, pemerintah juga menggodok skema pembibitan yang ideal agar petani tetap mendapat pemasukan saat membesarkan bibit.

"Modelnya dibikin tambak oleh petaninya dulu enam bulan. Petaninya mungkin diberi uang untuk hidup selama enam bulan," kata dia.

Sebelumnya, Edhy memberi sinyal untuk membuka kembali ekspor benih lobster yang sempat dilarang di era Susi Pudjiastuti. Pasalnya berdasarkan laporan dari tim Kementerian KKP, ekspor benih lobster ke Vietnam lewat pasar gelap masih terjadi.

"Ternyata dari total kebutuhan baby lobster mereka 80% dari Indonesia. Celakanya, lewat Singapura," ujar Edhy beberapa waktu lalu.

(Baca: KKP Gagalkan Penyelundupan Jutaan Benih Lobster Rp 1,37 Triliun)

Benih lobster dijual dengan harga sekitar Rp 3.000 - 5.000 per ekor di Indonesia. Ketika besar, harga lobster melejit hingga Rp 139 ribu. “Paling mahal Rp 139.000. Biasanya hanya Rp 50.000 - 70.000 per benih (dari hasil ekspor)," ujar politisi Partai Gerindra ini.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...