Pesona Embung Wisata Paccekke

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
13 Desember 2019, 15:20
Embung Paccekke
Katadata

Paccekke merupakan satu dari 40 desa di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan yang berkomitmen menjalankan inovasi desa. Pemerintah desa dan warga sepakat menjadikan integrasi embung, sarana olahraga desa, dan destinasi wisata sebagai inovasi andalan.

Upaya yang dilakukan Desa Paccekke berbuah manis. Desa berpenghuni 874 jiwa ini menyabet penghargaan Inovasi Desa tingkat I nasional dari Kementerian Desa PDTT pada November 2019. Embung Desa Paccekke dinilai sebagai inovasi terbaik se-Indonesia.

“Latar belakang dibangunnya embung ini berawal dari melihat situasi bahwa selama ini kebutuhan masyarakat, khususnya petani, untuk musim tanam pada saat kemarau sangatlah memerlukan air. Pada 2018, sesuai dengan prioritas dari Kemendesa, (kami) membangun embung desa,” kata Kepala Desa Paccekke Muh. Dahlan.

Kehadiran Embung Desa Paccekke berasal dari kesepakatan antara pemerintah desa dengan warga melalui musyawarah desa. Tak sekadar menjadi sumber pengairan lahan pertanian dan perkebunan, embung ini telah menjelma sebagai objek wisata.

Dari ketinggian, bentuk embung sekilas seperti lambang cinta. Ditambah dengan pulasan cat warna-warni, keberadaan Embung Paccekke kian menarik hati. Apalagi pengunjung yang datang bisa berenang di dalam kolam air sambil menikmati kesejukan dan pemandangan hijau perbukitan. 

Sepanjang 2018 – 2019, terpantau sedikitnya ada 1.600 orang datang secara berkelompok untuk mengadakan acara sembari mengunjungi objek wisata di sana. Karena baru beroperasi, pengunjung yang datang ke Desa Paccekke belum dikenakan retribusi. Meski demikian, pemerintah desa telah melihat antusiasme masyarakat ini sebagai peluang untuk menggerakkan perekonomian desa.

Apalagi wisata Embung Paccekke bisa disandingkan dengan fakta Desa Paccekke merupakan saksi bisu perjuangan Jenderal Soedirman di tanah Sulawesi. Kiprahnya ditandai dengan Monumen Paccekke yang kini menjadi salah satu objek wisata. Tanah ini juga dikenal sebagai daerah kelahiran Tentara Rakyat Indonesia (TRI) Divisi Hasanuddin serta cikal bakal Kodam XIV/Hasanuddin.

Pembangunan Embung

Bursa Inovasi Desa 2018 merupakan momentum pembangun Embung Paccekke. Pemerintah desa juga berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur ini. Seperti kesinambungan pengelolaan dan pemanfaatan embung di salah satu desa di Bengkulu yang menjadi sumber inspirasi Embung Paccekke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...