OpenSignal: Kemampuan Jaringan Operator Seluler Telkomsel Tertinggi

Fahmi Ahmad Burhan
16 Desember 2019, 21:36
OpenSignal: Kemampuan Jaringan Operator Seluler Telkomsel Tertinggi
Ilustrasi. Telkomsel

Perusahaan analisis jaringan telekomunikasi, OpenSignal, merilis laporan kemampuan jaringan operator seluler. Dari lima operator seluler yang dianalisis dari data pertengahan tahun ini, Telkomsel mendominasi skor kemampuan jaringan tertinggi operator seluler di Indonesia.

Beberapa kategori penghargaan yang dimenangkan oleh Telkomsel antara lain pengalaman video, voice app, kecepatan pengunduhan, kecepatan pengunggahan, latency, dan cakupan 4G. Hanya pada ketersediaan 4G saja yang dimenangkan oleh selain Telkomsel, yaitu Smartfren.

Advertisement

“Penghargaan kami terus didominasi oleh satu operator. Telkomsel memenangkan enam penghargaan,” demikian bunyi laporan OpenSignal pada Senin (16/12). OpenSignal meriset lima operator seluler di Indonesia, yaitu 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL.

(Baca: Sambut Ibu Kota Baru, Tiga Operator Maksimalkan Kapasitas Jaringannya)

Dari 0 sampai 100, skor Telkomsel untuk penilaian pengalaman video ada di angka 58,8. Di kategori ini, skor paling rendah diraih Smartfren dengan angka 34,3. Sementara untuk voice app experience, Telkomsel mendapatkan nilai 77,3, paling rendah masih Smartfren dengan skor 68,1.

Telkomsel mendapatkan skor voice app experience tinggi berarti para pengguna umumnya memahami suara panggilan telepon tanpa mengulang-ulang. Sementara keempat operator lainnya berada di peringkat bawahnya, atau panggilan telepon kerap dirusak oleh gangguan pada suara, bunyi klik, atau volume yang kecil.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement