Istana Presiden Ibu Kota Baru Dibangun di Atas Lahan Sukanto Tanoto

Dimas Jarot Bayu
18 Desember 2019, 18:49
sukanto tanoto, ibu kota baru, jokowi
Katadata
Plang milik PT ITCI Hutani Manunggal di kawasn ibu kota baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (18/12). Istana Kepresidenan di ibu kota baru akan berada di lahan HTI PT ITCI. Foto: Jarot

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menentukan titik Istana Kepresidenan di ibu kota baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Istana baru akan berlokasi di atas puncak bukit yang berada di areal hutan tanaman industri (HTI) konsesi PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) milik pengusaha Sukanto Tanoto.

Perusahaan tersebut berdiri 20 tahun lalu dan menjadi pemasok kayu terbesar ketiga bagi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), anak usaha Asia Pacific Resources International Holding Ltd (APRIL). Di atas APRIL,  ada Royal Golden Eagle Group, yang didirikan oleh Sukanto.

Jokowi juga mengakui jika klaster pemerintahan seluas 5600 hektare itu berada di kawasan yang dimiliki oleh IHM. “Ini HTI, kawasan yang kami pakai HTI,” kata Jokowi di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12). 

(Baca: Jokowi Sebut Dirinya Bagi-bagi Proyek Bangun Ibu Kota Baru)

Keberadaan IHM terlihat dari berbagai plang yang dipasang di sekitar wilayah yang menjadi lokasi istana dan kantor-kantor kementerian tersebut. Katadata.co.id melihat beberapa papan tulisan ketika ikut rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi pusat pemerintahan baru pada hari Selasa (17/12). 

Terlihat, salah satu plang berisi larangan untuk menguasai lahan, menjualbelikan, membakar, dan melakukan kegiatan ilegal lainnya di kawasan PT ITCI Hutani Manunggal.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...