BI Pertahankan Bunga Acuan di Level 5%

Agatha Olivia Victoria
19 Desember 2019, 14:29
bi, suku bunga acuan, bank indonesia
Gubernur BI Perry Warjiyo memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini akan mencapai 5,1% dan meningkat pada tahun depan ke kisaran 5,1-5,5%.

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuannya atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (7-DRRR) di level 5%. Suku bunga fasilitas simpanan alias deposit facility tetap sebesar 4,25%, dan bunga pinjaman atau lending facility tetap sebesar 5,75%.

"Dengan perkembangan dan asesmen ekonomi global maupun domestik, Rapat Dewan Gubernur BI pada 18-19 Desember 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate  sebesar  5%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/12). 

(Baca: Donald Trump Resmi Dimakzulkan DPR AS)

Perry memastikan kebijakan moneter ke depan tetap akomodatif dan konsisten dengan perkiraan inflasi yang terkendali dan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi domestik di tengah perlambatan ekonomi global.

Ekonomi global tahun ini diperkirakan hanya tumbuh 3%, melambat dibandingkan proyeksi sebelumnya sebesar 3,6%. Sementara pada tahun depan, pertumbuhan ekonomi akan berada di kisaran 5,1%. 

Perry memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2019 akan membaik seiring dengan investasi bangunan yang meningkat. BI masih memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini secara keseluruhan akan mencapai 5,1%. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...