Dana Amin Ditunjuk Jadi Direktur Utama Antam

Image title
19 Desember 2019, 11:39
Antam, BUMN
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, Petugas di Butik Emas Logam Mulia, gedung Aneka Tambang, Jakarta, Selasa (3/4). Pemegang saham PT Aneka Tambang Tbk (Antam) merombak jajaran direksi dan komisaris perusahaan dalam RUPSLB pada Kamis (19/12).

Pemegang saham PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi merombak jajaran direksi perusahaan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPSLB), di Jakarta Kamis (19/12). Dana Amin ditunjuk sebagai Direktur Utama BUMN tersebut menggantikan Arie Prabowo Ariotedjo.

Sedangkan Direktur Keuangan diisi oleh Anton Herdianto. Sebelumnya, posisi tersebut dijabat oleh Dimas Wikan Pramudhito.

Selanjutnya, pemegang saham menunjuk Risono menggantikan Sutrisno S Tatetdagat sebagai Direktur Pengembangan Usaha. Direktur Niaga Antam Aprilandi Hidayat Setia mengatakan ketiga direksi yang baru berasal dari induk perusahaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Hal ini sejalan dengan mandat induk usaha untuk melakukan hilirisasi dan pengusahaan cadangan. "Kami akan melanjutkan strategi kebijakan untuk keberlanjutan perusahaan ke depan. Ada mandat dari MIND ID (Inalum) untuk transformasi bisnis," kata Aprilandi saat ditemui usai RUPLB.

(Baca: Hingga Oktober, Penjualan Emas Antam Melonjak 28% Capai 30,5 Ton)

Selain perombakan jajaran direksi, pemegang saham juga merombak komposisi komisaris Antam. Agus Surya Bakti ditunjuk sebagai Komisaris Utama Antam menggantikan Fachrul Razi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama.

Adapun komposisi Komisaris Antam saat ini, yaitu Komisaris Utama Agus Surya Bakti, Komisaris Independen Rusliwa Somantri, Komisaris Independen Sri Kusuwardono, Komisaris Zaelani, Komisaris Dadan Kusdiana, dan Komisaris Arif Baharudin.

Sedangkan dewan direksi Antam terdiri dari Direktur Utama Dana Amin, Direktur Operasi dan Produksi Hartono, Direktur Niaga Aprilandi Hidayat Setia, Direktur Sumber Daya Manusia Luki Setiawan Suardi, Direktur Keuangan Anton Herdianto, dan Direktur Pengembangan Usaha Risono.

(Baca: Reseller Raup 40% Penjualan Emas Antam, Beberapa dari Startup)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...