TaniHub Catat Bisnis Tumbuh 200% pada Tahun Ini

Fahmi Ahmad Burhan
19 Desember 2019, 13:03
tanihub, startup, petani gross merchandise value, startup pertanian
Tanihub
Ilustrasi. Tanihub mengklaim telah memiliki 30 ribu mitra petani.

Startup teknologi pertanian, TaniHub mencatatkan pertumbuhan bisnis mencapai 200% pada tahun ini. Perusahaan kini telah memiliki tiga unit usaha dan bermitra dengan 30 ribu petani. 

Berdasarkan data dari TaniHub, perusahaan tersebut mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) sepanjang tahun ini meningkat 268,2% dibandingkan 2018.

TaniHub kini memiliki tiga unit bisnis, yakni TaniHub sebagai platform e-commerce hasil tani, TaniFund sebagai fintech pendanaan untuk mitra petani, dan TaniSupply yang fokus kepada pengelolaan rantai pasok. 

Di antara ketiganya, TaniSupply merupakan bisnis paling baru yang diluncurkan pada semester kedua tahun ini. TaniSupply bertugas membeli produk petani, memprosesnya di warehouse dari grading hingga quality assurance, dan mendistribusikannya kepada klien maupun pelanggan.

"Dengan adanya entitas tersendiri, kami akan jauh lebih agresif dalam  mengembangkan rantai pasokan pertanian. Kami ingin berperan penting dalam mengembangkan ekosistem pertanian secara keseluruhan di Indonesia," kata Direktur TaniSupply Vincentius Sariyo dari siaran pers pada Rabu (18/12).

(Baca: Fintech TaniFund Target Jumlah Peminjam Naik Tiga Kali Lipat di 2020)

Produk perishable atau produk segar yang gampang rusak menjadi produk paling berkontribusi pada pertumbuhan bisnis TaniHub. Namun, Vincenitus tak merinci angka penjualan produk tersebut.

Startup ini kini sudah menjangkau sebanyak 30.000 petani dan menargetkan dalam jangka panjang bisa menggaet 1 juta petani. Untuk itu, perusahaan telah membangun fasilitas distribusi regional di lima kota, yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.`

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...