Startup TaniHub Target Gaet 1 Juta Petani Tahun Depan

Cindy Mutia Annur
5 September 2019, 07:51
startup Tanihub target menggaet 1 juta petani tahun depan
Tanihub
Ilustrasi, seorang petani cabai binaan Tanihub di ladangnya. Tanihub target menggaet 1 juta petani tahun depan.

Startup di bidang pertanian TaniHub telah menggaet 35 ribu petani di Indonesia saat ini. Co-Founder dan President TaniGroup Pamitra Wineka menargetkan, perusahaannya bisa merangkul 1 juta petani tahun depan.

Pamitra menyebutkan, 35 ribu petani yang digaetnya saat ini terdiri dari 840 kelompok. Tiap kumpulan rerata terdiri atas 50 petani. "Kami kekurangan petani untuk suplai. Kami target bisa menggaet 1 juta petani tahun depan," kata Pamitra di sela-sela acara Indonesia Fintech Forum 2019 di Auditorium Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (4/9).

Sekitar 60% hasil panen petani di platform Tanihub di jual di Jawa. Ada lima wilayah distribusi, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. "Kami sumbernya (produk pertanian) secara nasional, tetapi penjualan mayoritas di Jawa," katanya.

Perusahaan pun berencana membuka lokasi distribusi baru di Bali dan Makassar. Namun, Pamitra enggan merinci waktu ekspansinya.

"Kami masih proses finalisasi gudang dan sebagainya. Karena kami tidak hanya membuka kantor, namun juga harus menyediakan gudang dan merekrut pekerja baru dan sebagainya. Jadi kami butuh waktu," katanya.

(Baca: Startup Pertanian TaniGroup Peroleh Tambahan Modal Rp 144 Miliar)

Selain itu, Tanihub berencana menggaet beberapa pemain startup di bidang logistik dan keuangan. Sebab, menurutnya, kedua bidang tersebut sangat potensial dalam mendorong pengembangan sektor pertanian digital.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...