Jokowi Sebut Dewan Pengawas Pilihannya Kombinasi Apik Pantau Kerja KPK

Dimas Jarot Bayu
20 Desember 2019, 17:46
Dewan Pegawas KPK periode 2019-2023 (dari kiri) Syamsuddin Haris, Harjono, Artidjo Alkostar, Tumpak Hatorangan Panggabean dan Albertina Ho berpose bersama sebelum upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Dewan Pegawas KPK periode 2019-2023 (dari kiri) Syamsuddin Haris, Harjono, Artidjo Alkostar, Tumpak Hatorangan Panggabean dan Albertina Ho berpose bersama sebelum upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melantik lima orang Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Tumpak Hatorangan Panggabean, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono. Presiden mengatakan kelimanya akan jadi kombinasi yang apik untuk mengawasi kerja Komisioner KPK 2019-2023 pimpinan Firli Bahuri.

Kepala Negara juga menganggap lima orang tersebut merupakan sosok yang kompeten di bidangnya selama ini. “Hitungan kami seperti itu, saya kira akan bekerja sama dengan komisioner secara baik,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12).

(Baca: Ketua DKPP dan Tumpak Masuk, Ini Nama Lima Dewan Pengawas KPK)

Jokowi juga beralasan penunjukkan Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Ketua Dewan Pengawas tak lain karena pengalamannya. Tumpak pernah menjadi Wakil Ketua KPK pada tahun 2003 hingga 2007.

“Saya kira beliau adalah orang yang bijaksana,” ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...