Jokowi Tunjuk Tumpak Panggabean Jadi Ketua Dewan Pengawas KPK

Dimas Jarot Bayu
20 Desember 2019, 15:19
Tumpak panggabean, dewan pengawas kpk, jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean (ketiga kanan) usai upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi resmi melantik lima orang Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12). Mantan Wakil Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean juga ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas komisi antirasuah.

Penunjukkan tersebut tertera dalam Keputusan Presiden Nomor 140/P/2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023. Sedangkan empat orang lain yakni Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono menjadi anggota. 

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama. Kemudian, kelima anggota Dewan Pengawas KPK melakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada, dan akan mempertahankan serta mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, UUD RI 1945, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi NKRI,” kata Jokowi diikuti para anggota Dewan Pengawas KPK.

(Baca: Ketua DKPP dan Tumpak Masuk, Ini Nama Lima Dewan Pengawas KPK)

Acara kemudian diakhiri penandatanganan berita acara secara simbolis. Kemudian, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada para Dewan Pengawas KPK tersebut.

Usai mengambil sumpah Dewan Pengawas, Presiden juga melantik lima pimpinan KPK baru yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pamolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Dalam kesempatan ini turut hadir jajaran menteri dan kepala lembaga di Kabinet Indonesia Maju. Hadir pula para anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam kesempatan ini.

(Baca: Jokowi Sebut Artidjo hingga Ruki sebagai Calon Dewan Pengawas KPK)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...