Mendag Bidik Tiongkok jadi Tujuan Ekspor Produk UMKM

Image title
20 Desember 2019, 14:00
Potensi Besar, Mendag Bidik Tiongkok jadi Tujuan Ekspor Produk UMKM.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana kegiatan ekspor impor di kawasan Tanjung Priok,  Jakarta Utara (28/6). Pemerintah menyasar Tiongkok sebagai pasar produk ekspor UMKM.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto membidik Tiongkok sebagai pasar ekspor produk  Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Alasannya, mayoritas penduduk Tiongkok berada dalam status ekonomi menengah sehingga pasar produk tersebut cukup terbuka. 

"Menurut pernyataan Presiden Tiongkok dari 1,7 miliar penduduk yang 500 ribu lebih merupakan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Artinya pasar UMKM di sana sangat terbuka," kata Agus di Bekasi Kamis (19/12).

Pemerintah mencatat, saat ini total UMKM di Indonesia mencapai 62 juta. Namun yang sudah mengekspor hanya berkisar 14%. Oleh karena itu, pihanya berupaya mendorong sektor UMKM agar bisa melebarkan usahanya ke luar negeri.  

Salah satunya dengan memberikan fasilitas kemudahan ekspor. Tak hanya pengurusan dokumen berbasis online, tetapi juga membantu pengurusan dari sisi pembiayaan dan pembayaran. 

(Baca: Mendag Agus Optimistis Kontribusi Ekspor UMKM Capai 18% Tahun Depan)

Sementara untuk pemasaran produk UMKM, pemerintah telah mentapkan  PT Perdagangan Indonesia dan PT Sarinah sebagai fasilitator yang akan mengumpulkan semua produk UMKM. 

Ketua Dewan Pengawas Koperasi NU Circle Nusantara, Lili Chodidjah Wahid menjelaskan kendala UMKM untuk naik kelas yaitu adanya keterbatasan dukungan perizinan, permodalan dan pelatihan. Padahal potensi ekspornya sangat besar.

Dia mencontohkan, ada salah satu UMKM yang bergerak di bidang makanan ringan mampu mengekspor produknya hingga 20 kontainer ke Tiongkok. "Kerupuk ternyata di Tiongkok sangat disukai dan ada salah satu UMKM yang mampu menekspor 20 kontainer per bulan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...