Ragam Dampak Pemakzulan Presiden Trump ke Pasar Modal

Sorta Tobing
20 Desember 2019, 16:18
penyebab pemakzulan trump, masalah donald trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Milli
Presiden Donald Trump dimakzulkan oleh DPR kemarin, Kamis (19/12).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia harus waspada setelah DPR Amerika Serikat sepakat memakzulkan Presiden Donald Trump. Dinamika politik di negara adikuasa itu akan berpengaruh terhadap perekonomian dunia.

Apalagi proses pemakzulan ini telah meningkatkan ketegangan politik di AS antara Partai Demokrat dan Partai Republik. “Perlu kita waspadai karena AS merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (19/12).

Advertisement

DPR AS, yang mayoritas dikuasai Demokrat, sepakat memakzulkan Trump karena penyalahgunaan kekuasaan. Sebanyak 230 anggota sepakat, sedangkan 197 orang lainnya menolak impeachment tersebut.

Pasal yang digunakan untuk menjatuhkan Trump adalah tuduhan menekan Ukraina agar menyelidiki pesaing utamanya dalam pencalonan presiden 2020, Joe Biden. Demokrat percaya Trump menahan bantuan keamanan kepada Ukraina sebesar US$ 391 juta untuk memuluskan keinginannya.

Pasal kedua, Trump dituduh menghalangi penyeledikan Kongres terkait masalah Ukraina. Presiden AS ke-45 itu mengarahkan pejabat Gedung Putih untuk tidak mematuhi panggilan DPR yang sah untuk memberi kesaksian.

Sepanjang sejarah berdirinya AS selama 243 tahun, ada tiga presiden yang mengalami pemakzulan oleh DPR. Ketiganya adalah Andrew Johnson, Bill Clinton, dan Trump. Presiden AS ke-37 Richard Nixon hampir dimakzulkan. Namun, ia memutuskan mengundurkan diri sebelum DPR melakukan voting.

Dari dua presiden sebelumnya yang terkena pemakzulan, tidak ada yang akhirnya lengser dari Gedung Putih. Di level Senat keduanya bisa lolos dan menjadi presiden hingga masa jabatan berakhir. Kemungkinan besar hal yang sama terjadi untuk Trump karena kursi Senat saat ini mayoritas diisi partai pendukungnya, yaitu Republik.

(Baca: Efek Positif Pemakzulan Trump, Rupiah Perkasa ke 13.985 per Dolar AS)

Dampak Pemakzulan Trump

Pasar keuangan dan modal tampaknya tak terlalu terpengaruh pemakzulan Trump. Dilansir dari CNBC.com, investor yakin presiden berusia 73 tahun itu tidak akan dicopot dari jabatannya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement