Kaspersky Peringatkan Bahaya Nonton Gratis Star Wars di Internet

Martha Ruth Thertina
21 Desember 2019, 10:05
Star Wars, Star Wars The Rise of Sky Walker, Star Wars Terakhir, Karpersky
ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzuoni
Penggemar menunggu dimulainya penayangan perdana "Star Wars: The Rise of Skywalker" di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (16/12/2019).

Star Wars: The Rise of Skywalker yang merupakan saga terakhir Star Wars tengah tayang di berbagai bioskop dunia. Di tengah euforia penggemar, beberapa orang kemungkinan ingin menonton secara gratis di internet. Namun, perusahaan global di bidang keamanan siber Kaspersky memperingatkan bahaya mengakses situs-situs yang menawarkan streaming atau download gratis film tersebut.

Periset Kaspersky menemukan lebih dari 30 situs penipuan, termasuk media sosial, yang mengaku sebagai situs resmi menonton film dan mengiklankan salinan gratis dari film terbaru Star Wars. Sejauh ini, 83 pengguna telah terinfeksi oleh file jahat karena masuk dalam jebakan para penjahat siber.

“Situs ini mengumpulkan data kartu kredit dari penguna situs yang tak sadar, dengan alasan registrasi,” demikian tertulis dalam rilis Kaspersky seperti dikutip CNBC internasional, Jumat (20/12).

(Baca: Star Wars: The Rise of Skywalker, Saga Terakhir dengan Ulasan Buruk)

Domain situs yang digunakan untuk mengumpulkan data personal dan menyebarkan file jahat biasanya menggunakan nama resmi film. Situs tersebut juga menyediakan deskripsi dan konten pendukung film sehingga banyak pengguna yang tertipu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...