Menteri Suharso Analisa Hasil Desain Ibu Kota Baru

Hari Widowati
21 Desember 2019, 11:52
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, desain ibu kota baru, finalis sayembara desain ibu kota baru, McKinsey, Balikpapan, Samarinda, Kalimantan Timur
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menilai hanya dua finalis desain ibu kota baru yang memiliki konsep kuat.

Sayembara desain ibu kota baru memasuki babak akhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengundang lima finalis ke Istana Negara untuk mempresentasikan desainnya pada Jumat (20/12) lalu.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa adalah salah satu menteri yang hadir menyaksikan presentasi para finalis. Ia menyebutkan, sayembara desain ibu kota baru diikuti oleh 755 peserta. Dari jumlah tersebut, ada 257 peserta yang lolos administrasi.

Seleksi berjalan dan terpilih 30 desain berdasarkan pemungutan suara (voting) dari para juri. Kemudian, berdasarkan penilaian akhir, terpilih lima desain yang menjadi finalis. "Dari lima itu, hanya dua yang kuat dalam arti konsep. Tidak menghilangkan unsur Kalimantannya, kehutanan, karakteristik daerah, dan bagaimana memulai pembangunannya," kata Suharso dalam Malam Apresiasi Media 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (20/12).

(Baca: Jokowi: Finalis Sayembara Desain Akan Senang Lihat Ibu Kota Baru)

Desain Futuristik

Suharso menyebutkan ada salah satu desain yang sangat futuristik dengan bangunan-bangunan ornamental. Namun, desain-desain ibu kota baru yang diajukan para finalis tidak sesuai dengan harapannya.

"Saya membayangkan sebagian perbukitan itu menjadi cluster hill. Di situ ada museum, tempat anak-anak bisa bermain sains dan teknologi lalu ada gedung pertunjukan," tuturnya.

Mantan Menteri Perumahan Rakyat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu membayangkan gedung-gedung yang berbentuk telungkup dan berada di dalam bukit. "Tidak perlu high rise. Ada kereta otonom yang bisa dinaiki dua orang, empat orang atau 12 orang untuk menghubungkan gedung satu dengan yang lainnya," lanjutnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...