Jumlah Penumpang Diramal Turun, Angkasa Pura II Tak Turunkan Investasi

Agatha Olivia Victoria
22 Desember 2019, 14:57
angkasa pura ii, jumlah penumpang bandara
ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi suasana bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Jumlah penumpang diramal turun, Angkasa Pura II tegaskan tidak akan menurunkan target investasi.

PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi, jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola perusahaan hingga akhir 2019 hanya mencapai 90,5 juta orang. Angka tersebut menurun 18% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski terjadi penurunan jumlah penumpang pada tahun ini, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menegaskan bahwa perusahaan tidak akan menurunkan rencana investasi pada 16 bandara yang dikelolanya.

"Kami perkirakan pergerakan penumpang berpotensi menurun 18% menjadi sekitar 90,5 juta penumpang. Kami optimis 2020 kinerja kami akan lebih baik lagi," kata Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (22/12).

Adapun AP II mengalokasikan biaya investasi sebesar Rp 14 triliun pada tahun 2019. Dana tersebut digunakan untuk menyelesaikan 338 program maupun proyek bekerja sama dengan para vendor. Awaluddin mengatakan bahwa Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara dengan nilai alokasi investasi terbesar dari perseroan.

(Baca: Angkasa Pura II Gelar Tender Desain Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta)

Terkait turunnya jumlah penumpang, dia menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan banyaknya turbulensi yang terjadi sepanjang tahun ini. Padahal, dalam tiga tahun terakhir, jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II selalu mengalami peningkatan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...