Menhub Ingin Bandara Soekarno-Hatta Terbaik di Dunia, Ini 5 Pesaingnya

Hari Widowati
5 November 2019, 06:48
Bandara Soekarno-Hatta, bandara terbaik di dunia versi Skytrax 2020, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bandara Changi, Bandara Baiyun, Bandara Incheon
Arief Kamaludin|KATADATA
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat memilih Bandara Soetta menjadi bandara terbaik di dunia versi Skytrax.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat Indonesia memilih Bandara Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) menjadi bandara terbaik di dunia dalam Skytrax World Airport Awards 2020. Tahun lalu, Bandara Soetta masuk dalam World's Top 40 Airport 2019 di urutan ke-40.

Budi berharap, banyaknya suara (voting) untuk Bandara Soetta membuat bandara terbesar di Indonesia ini semakin dikenal dunia internasional serta semakin baik dalam pelayanan dan fasilitasnya. Dukungan untuk Bandara Soetta bisa dilakukan dengan mengisi survei di worldairportsurvey.com.

Tahun lalu, Bandara Soetta naik lima peringkat dibandingkan 2017 di posisi ke-45. Skytrax juga menempatkan Bandara Soetta di posisi keenam untuk bandara terbaik di kategori 60 juta-70 juta penumpang. Peringkat ini membuat bandara yang terletak di Cengkareng tersebut mampu bersanding dengan Bandara Changi di Singapura, Bandara Incheon di Korea Selatan, Bandara Frankfurt di Jerman, Bandara Internasional Denver di Amerika Serikat (AS), dan Bandara Internasional Guangzhou Baiyun di Tiongkok.

Selama beberapa tahun terakhir, fasilitas Bandara Soetta dinilai berkembang pesat. Sebut saja keberadaan kereta bandara (Skytrain) yang memudahkan perpindahan penumpang antarterminal, wi-fi berkecepatan tinggi, baggage handling dengan sistem terkini yang menjamin ketepatan waktu pengantaran bagasi, dan aplikasi Indonesia Airports.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh penumpang untuk check-in, melihat jadwal penerbangan, jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersial di bandara, serta melaporkan kehilangan barang atau tas di Bandara Soekarno-Hatta. Perkembangan ini membuat Skytrax menetapkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai “World’s Most Improved Airport” pada 2017.

Berikut ini daftar lima bandara yang menjadi pesaing Bandara Soetta.

1. Bandara Changi, Singapura

Skytrax menobatkan Bandara Changi sebagai bandara terbaik di dunia pada 2019. Changi memegang gelar tersebut selama tujuh tahun berturut-turut. Bandara yang beroperasi sejak 1981 itu juga berada di peringkat pertama untuk kategori 60 juta-70 juta penumpang.

Lebih dari 100 maskapai penerbangan beroperasi di bandara ini, menghubungkan Singapura dengan 380 kota di 100 negara. Hingga September 2019, jumlah penumpang yang dilayani bandara ini mencapai 50,5 juta penumpang.

Sejak April 2019, di Bandara Changi ada atraksi baru yang disebut sebagai Jewel Changi Airport. Kawasan seluas 135.700 meter persegi itu memiliki air terjun dalam ruangan (indoor) yang tertinggi di dunia, yakni HSBC Rain Vortex setinggi 40 meter. Di kawasan ini juga terdapat taman dan hutan buatan.

Jewel Changi Airport
Jewel Changi Airport (Changi Airport)

2. Bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan

Incheon berada di peringkat kedua untuk kategori bandara dengan 60 juta-70 juta penumpang dan peringkat ketiga World Top Airport 2019. Bandara terbesar di Korea Selatan ini melayani lebih dari 63 maskapai penerbangan dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...