Tak Cuma Mantan Pengurus Jiwasraya, DPR Minta Periksa Juga Pejabat OJK

Happy Fajrian
22 Desember 2019, 09:22
asuransi jiwasraya, kemelut jiwasraya, dpr
jiwasraya.co.id
Asuransi Jiwasraya. DPR menginginkan agar tidak hanya direksi dan komisaris Jiwasraya yang diperiksa, melainkan juga OJK yang mengawasi ketika itu.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi mendesak agar semua pihak yang menyebabkan kemelut di Jiwasraya diperiksa secara hukum. Hal ini tidak hanya pada mantan direksi dan komisaris perusahaan asuransi pelat merah tersebut, tetapi juga terhadap pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi.

“Pemeriksaan secara hukum terhadap pihak-pihak yang menyebabkan masalah di Jiwasraya. Tidak hanya direksi dan komisaris lama, tetapi juga pemain di pasar modal. Juga siapa pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi pada waktu itu,” kata Fathan di Jakarta, Sabtu (21/12).

Dia mengatakan kasus Jiwasraya yang telah ditangani oleh penyidik Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Juni silam, kini sudah diserahkan kepada penyidik di Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung. Terdapat 89 orang saksi yang diperiksa.

Langkah hukum ini merupakan salah satu dari dua rekomendasi Fathan dalam  mengatasi persoalan Jiwasraya, badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di industri asuransi jiwa.

(Baca: Erick Thohir Sambut Rekomendasi DPR dalam Kasus Jiwasraya)

Langkah kedua, kata Fathan, yaitu jalan keluar untuk memberi perlindungan kepada para pemegang polis. Selain gagal melaksanakan kewajibannya yang membuat para pemegang polis dirugikan, negara juga dirugikan dengan estimasi kerugian sekitar Rp 13,70 triliun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...