PTBA dan Pertamina Bangun Proyek Gasifikasi Batu Bara di Tanjung Enim

Image title
23 Desember 2019, 19:49
PTBA, Pertamina, batu bara
www.ptba.co.id
Ilustrasi, aktivitas pertambangan PT Bukit Asam Tbk (PTBA). PTBA dan Pertamina batal membangun proyek gasifikasi batu bara di Peranap, Riau.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan Pertamina memilih membangun proyek gasifikasi batu bara di Tanjung Enim Sumatera Selatan dibandingkan di Peranap Riau. Sebab, infrastruktur di Tanjung Enim lebih mendukung pembangunan proyek tersebut.

Selain itu, kualitas batu bara di Tanjung Enim juga lebih baik sehingga biaya operasional atau operating expense (opex) lebih efisien. "Dari hasil studi kami putuskan akan bangun gasifikasi di Tanjung Enim. Ini terkait infrastruktur, opex, dan capex (capital expenditure) yang lebih efisien," kata Direktur Utama Bukit Asam Arvyan Arifin saat Media Gethering, di Jakarta, Senin (23/12).

PTBA akan segera melakukan desain awal (Front and Engineering Design/ FEED). Setelah itu, perusahaan bakal melaksanakan kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (EPC), dan pengerjaan konstruksi. Proyek yang menelan biaya investasi sebesar US$ 3,5 miliar itu ditargetkan bisa beroperasi pada 2023.

Selain menggandeng Pertamina, PTBA juga menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Air Product and Chemical Inc. Perusahaan tersebut pada 2018 mengakuisisi paten atau teknologi gasifikasi batu bara Shell.

Nantinya, ketiga perusahaan akan membentuk perusahaan patungan (joint vanture). Untuk proyek gasifikasi upstream mayoritas saham akan dimiliki oleh Air Product.

Pasalnya, proyek upstream dinilai memiliki nilai investasi dan risiko yang lebih tinggi. Adapun, untuk upstream batu bara nantinya akan menghasilkan gas

 Baca: Bukit Asam Targetkan Produksi Batu Bara Tahun Depan Capai 30 Juta Ton)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...