Ingin Jadi Youtuber, Begini Cara Mengelola Keuangannya

Sorta Tobing
31 Desember 2019, 10:58
pendapatan atta halilintar, pendapatan ria ricis, pendapatan rans entertainment, pendapatan youtuber, mengelola keuangan
KATADATA/Arief Kamaludin
Ilustrasi. Cara mengelola keuangan untuk Youtuber.

Atta Halilintar, Ria Ricis, Rans Entertainment, merupakan sederet Youtuber Indonesia yang sukses menembus lebih 10 juta pengikut. Konten video buatan mereka berhasil menarik jutaan penonton. Kesuksesan itu seiring pula dengan pundi-pundi pendapatan mereka.

Melansir data analisis Socialblade.com, pendapatan per bulan Atta Halilintar bisa mencapai US$ 272 ribu (Rp 3,8 miliar). Angka ini serupa dengan Ria Ricis.  Lalu, Rans Entertainment, yang berisi video seputar keluarga artis Raffi Ahmad, mendapatkan duit dari Youtube sampai US$ 500 ribu (Rp 6,9 miliar) per bulan.

Angkanya memang fantastis dan menggiurkan. Tak heran, banyak orang tertarik untuk mengikuti jejak mereka. Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Dimas Ardhinugraha mengatakan, iming-iming popularitas dan uang acap kali menjadi daya tarik anak muda terinspirasi menjadi Youtuber.

Namun, menurut Dimas, semua butuh proses. “Selain konten unik dan kreatif, yang juga sangat penting adalah konsistensi produksi atau jadwal rilis konten,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id, Selasa (31/12).

(Baca: Grab dan Gojek Tanggapi Prank Order Fiktif Ojek Online oleh YouTuber)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...