Google Ungkap Sebab YouTube Atta Halilintar dan Ria Ricis Diminati

Penulis: Desy Setyowati

25/8/2019, 11.16 WIB

Konten yang paling diminati adalah makanan, wisata, dan kecantikan.

google ungkap sebab youtube atta halilintar ria ricis diminati
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, suasana jumpa pers YouTube Fanfest 2016 di Jakarta, Jumat, (21/10). Google ungkap konten yang paling diminati pengguna YouTube di Indonesia.

Atta Halilintar dan Ria Ricis merupakan YouTuber dengan jumlah penonton tetap (subscriber) terbanyak di Indonesia, bahkan Asia Pasifik. Google pun mengungkapkan hal-hal yang membuat konten di YouTube diminati.

“Mereka berdua ini pembuat konten (content creator) terbesar di Asia Pasifik. Jadi lebih besar dari Jepang dan Australia. Mereka membuat konten yang orang Indonesia suka menontonnya,” kata Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim di Jakarta, beberapa waktu lalu (21/8).

Hanya, Muriel tidak merinci secara spesifik mengenai konten Atta Halilintar maupun Ria Ricis. Dia menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun Google, mayoritas pengguna YouTube di Indonesia menyukai konten terkait makanan dan wisata, serta kecantikan.

YouTuber yang fokus pada konten makanan dan wisata adalah Ria SW dan Patricia Go. Salah satu jenis kuliner yang diminati adalah minuman dengan boba (bubble drink). “Kita bisa melihat, hubungan dari real world trend dengan ada apa yang terjadi YouTube,” katanya.

(Baca: Ini Daftar Penghasilan YouTuber Gim Seperti Kimi Hime)

Yang menarik, sepengetahuannya pembuat konten di Indonesia tidak hanya membuat ulasan minuman boba, tetapi juga jenis makanan terkait lainnya. Misalnya, roti panggang atau nasi dengan boba. Cerita-cerita seperti ini banyak ditonton pengguna di Indonesia.

Lalu, konten kecantikan menempati posisi kedua yang paling popular di Tanah Air. Karena itu, ia tak heran beauty influencer bermunculan di Indonesia. Setidaknya ada sekitar 1.600 beauty blogger di nusantara.

Berdasarkan catatannya, tutorial make up ataupun perawatan kulit untuk tampilan natural merupakan yang paling banyak dicari. Selain itu, konten mengenai cara memakai hijab untuk remaja banyak dicari.

“Pencarian untuk natural skincare, perawatan wajah itu naik empat kali lipat dibanding tahun lalu. Ini karena banyak orang yang ingin tahu make up, namun tetap terlihat natural,” kata Muriel.

(Baca: Tips Sukses YouTuber: Ciptakan Konten yang Autentik)

Selain dari sisi konten, menurutnya YouTuber harus memahami tiga hal yakni keterjangkauan, wawasan mendalam (insight), dan aksi. Muriel menyampaikan bahwa pengguna YouTube mencapai sekitar 79 juta setiap bulannya.

Penggunanya tidak hanya di kota besar, tetapi juga di daerah terpencil. Karena itu, pembuat konten harus memahami ketertarikan penonton di setiap wilayah. “Konsumen di Indonesia tertarik menonton apa? Musik apa?” katanya.

Dari situ, pembuat konten harus berani membuat konten dan fokus pada konsumen yang ingin ditarget. Hal-hal ini Muriel sampaikan dalam rangka strategi pemasaran bagi para pembuat iklan maupun YouTuber keseluruhan.

Adapun berdasarkan situs SocialBlade, Atta Halilintar memiliki 18,58 juta subscriber. Ia mengunggah 583 video dan sudah ditonton 1,6 miliar kali. Padahal, Atta baru bergabung di YouTube pada Januari 2014.

Sedangkan Ria Ricis memiliki 16,44 juta subscriber. Perempuan yang bergabung sejak Januari 2016 ini sudah mengunggah 668 video di YouTube. Videonya ditonton 1,96 miliar kali.

(Baca: Youtuber Kimi Hime Raih Miliaran per Tahun dari Konten yang Buat Heboh)

Penulis & Reporter: Dorothea Putri Verdiani (Magang)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan