KRL Commuter Line Tambah 28 Perjalanan Saat Tahun Baru, Ini Rutenya

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Ameidyo Daud

31/12/2019, 13.25 WIB

Perjalanan KRL tambahan tersebut berlaku mulai pukul 22.27 WIB sampai pukul 03.00 WIB

commuter line, tahun baru, tambahan KRL
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
KRL Commuter Line relasi Bogor-Jakarta melintas di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/12/2019). PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menambah jam operasional KRL Commuter Line hingga pukul tiga dini hari saat malam tahun baru.

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menambah jam operasional KRL Commuter Line hingga pukul tiga dini hari saat malam tahun baru. Untuk itu KCI akan menambah 28 perjalanan KRL tambahan khusus perayaan pergantian tahun.

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan layanan tambahan itu untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun di Jakarta.

"Jarak keberangkatan antar KRL tambahan pada malam pergantian tahun kali ini lebih kurang 60 menit di beberapa lintas KRL Commuter Line," kata dia melalui siaran pers, Selasa (31/12).

(Baca: Cegah Kemacetan, Menhub Minta Pemudik Tak Balik Tanggal 1 Januari)

Tambahan perjalanannya terdiri dari sembilan perjalanan KRL untuk relasi Bogor/Depok-Kampung Bandan/Jakarta Kota dan tujuh perjalanan relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota.

Lalu ada empat perjalanan KRL relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang., dua perjalanan KRL relasi Tangerang-Duri serta enam perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tanjung Priok – Jakarta Kota.

Anne menambahkan, perjalanan KRL tambahan tersebut berlaku mulai pukul 22.27 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Karena itu, masyarakat yang akan menggunakan kereta agar dapat menyesuaikan waktu menuju stasiun sebelum waktu operasional berakhir.

Selain menambah perjalanan KRL, PT KCI juga akan menambah petugas pelayanan, kebersihan, pengamanan hingga dua kali lipat serta menambah hingga 26 loket portable yang tersebar hampir di semua stasiun.

 “Demi keamanan dan kenyamanan bersama, PT KCI menghimbau kepada para pengguna jasa untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun KRL," kata dia.

(Baca: Jelang Libur Natal, Pertamina Tambah Pasokan BBM Dex dan Dexlite)

Berdasarkan lintasannya, pada 2017 KRL terbanyak melayani penumpang di lintasan Depok-Bogor, yakni mencapai 69,95% dari total penumpang pada tahun lalu. Kemudian diikuti lintasan Bekasi-Cikarang sebesar 13,48%, Serpong-Rangkasbitung 11,87% dan Tangerang 4,72% dari total penumpang KRL.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan