Banjir Jakarta, PLN Masih Padamkan Listrik di 1.082 Wilayah

Hari Widowati
2 Januari 2020, 14:19
banjir jakarta 2020, pemadaman listrik, pemadaman akibat banjir, PLN, pemadaman gardu listrik, gardu listrik yang aman
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
PLN masih memadamkan listrik di sejumlah lokasi yang tergenang banjir untuk mencegah terjadinya sengatan listrik.

Banjir besar melanda wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sejak 31 Desember 2019. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memadamkan sementara listrik di 1.082 wilayah yang terendam banjir agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik.

Katadata mengecek lokasi pemadaman listrik PLN tersebut di situs pelita.plnjaya.co.id pada Kamis (2/1), pukul 13.45 WIB. “Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaad dalam keterangan resmi, Rabu (1/1).

Advertisement

Sementara itu, Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, mengatakan pemadaman listrik dilakukan di lokasi banjir yang memiliki penduduk padat dan wilayah di sekitar gardu induk PLN yang terendam banjir. Mayoritas pemadaman listrik dilakukan sejak Rabu (1/1) pagi, tetapi ada pula yang dimulai pada dini hari tadi.

Adapun lokasi yang mengalami pemadaman listrik hingga pukul 13.45 WIB, antara lain Menteng, Cengkareng, Pondok Kopi, Jatinegara, Cempaka Putih, Kramat Jati, Pondok Gede, Marunda, Bulungan, Kebon Jeruk, Bandengan, Ciracas, dan Ruko Vika Mas.

Hingga saat ini, laman pelita.plnjaya.co.id belum dapat menampilkan estimasi waktu listrik menyala kembali untuk area yang terdampak secara menyeluruh. Hal ini disebabkan pemadaman listrik yang bersifat tentatif dan fluktuatif sehingga dapat bertambah atau berkurang sewaktu-waktu.

(Baca: Banjir Jabodetabek Telan 16 Korban Meninggal Dunia, Terbanyak di DKI)

Sejumlah Gardu Listrik Dinyalakan Kembali

PLN juga menyalakan kembali gardu distribusi listrik di sejumlah lokasi yang aman bagi masyarakat. Hingga Kamis (2/1) pukul 07.00 WIB, dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebanyak 2.468 gardu distribusi dipadamkan sementara. Adapun 2.437 gardu distribusi sudah menyala.

Beberapa gardu yang sudah mulai dinyalakan yakni gardu di Joglo, Karang Tengah Permai, Puri Beta Cipadu, Ciledug Indah, Kayumas, Taman Asri Gaga Larangan, Bintaro, dan Ciputat. Selain itu, gardu listrik di Ciracas, Kebun Jeruk, Kramat Djati, Marunda, Pondok Gede dan sebagian di Pondok Kopi, dan Menteng juga sudah menyala.

Sebaliknya, PLN juga memadamkan beberapa gardu listrik di wilayah yang terjadi genangan air, seperti di Pengadegan, Bandengan, Bulungan, Cempaka Putih, Cengkareng, dan Lenteng Agung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement