Tips PLN agar Aman dari Sengatan Listrik saat Rumah Banjir

Cindy Mutia Annur
1 Januari 2020, 20:39
Banjir di wilayah Perumahan Alfa Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (1/1).
Katadata/Sorta Tobing
Banjir di wilayah Perumahan Alfa Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (1/1).

Hujan deras yang mengguyur sejak kemarin malam hingga tadi pagi, Rabu (1/1) membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir. Banjir bahkan menelan korban jiwa, salah satunya warga Kemayoran yang meninggal akibat tersengat listrik. 

Genangan air merupakan penghantar yang baik untuk listrik. Oleh karena itu, PLN  melakukan pemadaman di 723 titik lokasi banjir yang dinilai dapat membahayakan warga jika dialiri listrik. 

Advertisement

"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaad dalam keterangan resmi, Rabu (1/1).

(Baca: Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis Hingga Besok Siang)

Namun di  sisi lain, ia mengimbau masyarakat yang mengalami banjir untuk melakukan sejumlah tindakan agar terhindari dari sengatan listrik jika PLN belum melakukan pemadaman.

Pertama, mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker atau MCB. Kedua, mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak misalnya kulkas, televisi, kipas angin, dan sebagainya.

Ketiga, menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Keempat, menghubungi contact center PLN melalui 123, mengakses aplikasi PLN Mobile atau mengunjungi Kantor PLN terdekat untuk meminta pemadaman aliran listrik.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement