Gubernur Anies Sebut Kondisi Banjir Jabodetabek Mulai Terkendali

Image title
2 Januari 2020, 19:02
Gubernus Anies Sebut Kondisi Banjir Jakarta Mulai Terkendali.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Foto kawasan Jalan Gunung Sahari dan Jalan Samanhudi terendam banjir di Jakarta Pusat, Kamis (2/1). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kondisi banjir Jabodetabek saat ini mulai terkandali.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim kondisi banjir Jabodetabek saat ini mulai terkandali. Hal ini menyebabkan jumlah pengungsi di Jakarta berangsur-angsur mulai kembali ke rumah.

Anies menyatakan,  ketinggian air di Pintu Air Manggarai sudah menurun. Berdasarkan hasil pantauannya pada pukul 16.00 WIB, ketinggian air mencapai 750 centi meter (cm). Kondisi itu sudah lebih baik dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 900 cm.

"Normalnya di musim hujan itu 600 cm. Kemarin 600-900 cm, tambah tiga meter di Pintu Air Manggarai. Itu luar biasa dan sekarang sudah 750 artinya volume air hulu sudah mulai berkurang," kata Anies saat melakukan pantauan banjir di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (2/1).

(Baca: Jokowi: Banjir Jabodetabek Bukan Tanggung Jawab & Kesalahan Satu Pihak)

Anies juga menjelaskan jumlah pengungsi di barak penampungan berangsur berkurang. Menurut catatannya, saat ini hanya terdapat lima ribu warga yang masih bertahan di pengungsian. Sementara, kemarin jumlah pengungsi bisa mencapai 19 ribu orang.

"Pengungsi karena banjir berbeda dengan gempa, kalau gempa rumahnya rusak ini permanen tinggal di pengungsian. Kalau banjir rumahnya tidak bisa digunakan karena ada air," kata dia.

Menteri Pendidikan itu menjelaskan untuk mengurangi debit air, Pemprov DKI menyiapkan 478 unit pompa yang bekerja menarik air. Pompa itu telah dioperasikan di beberapa lokasi banjir.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...